16 Juni 2021

Terus bertahan di Harga yang murah

.Hingga pertengahan bulan Juni saat inj harga belum juga bersahabat kepada petani, harga masih dikisaran 10 ribuan per kg nya. Harga tersebut tentu saja membuat petani kecewa, jerih payah yang dilakukan selama mulai pembibitan, pengolahan lahan, tutup mulsa, pasang ajir dan rangkaian kegiatan lainnya dalam proses tanam terkadang hasilnya belum impas hingga panen saat ini.

Biaya operational perbatang rata rata cabai saat ini adalah kisaran 10 rb per batangnya sedangkan saat ini hasil rata rata per batangnya dikisaran 0.5 kg saja. Jadi hasilnya jelas minus.

Untuk mengejar biaya operational agar bisa impas apa yang harus dilakukan? Langkah langkah yang biasa kami lakukan adalah seperti yang sudah kami uraikan pada artikel sebelumnya.

Selain memberikan menu makanan yang sesuai hal yang juga penting adalah mengusahakan agar kondisi tanaman tetap sehat. Diantaranya menjaga agar tanaman aman dari Layu, antraknosa, dan tidak puret terhindar dari virus kuning dan Keriting daun.

Hal ini penting untuk tidak hanya fokus pada pemberian pupuknya tetapi pemberian pengobatan yang tepat agar tanaman tetap sehat dan produktif. Pemberian Protektan, Biopestis Pesnator, Freshtan merupakan pengendali hama secara organik tetapi plus pemenuhan nutrisi tanaman sekaligus.

Kami dan mitra kami dari Tapanuli Selatan ini masih merasa bersyukur karena per tanggal 12 Juni 2021 tanamannya berumur panjang dan hingga kini petikan ke 19 masih produktif bahkan sudah melewati titik impas pada petikan ke 13 yang lalu. Berikutnya terus menjaga kestabilan tanaman agar mencapai usia petik yang lebih lama lagi, sambil menunggu membaiknya harga. Semoga