26 Februari 2019

Walau Harga Murah, tetap Semangat

Dari awal  Pebruari sampai hampir   akhir bulan Pebruari, harga dunia percabaian masih saja, dibawah harapan petani. Banjirnya cabai dari daerah daerah yang kelompok taninya mendapatkan bantuan (berupa, Benih- Pupuk dan Pestisida) mengalir deras tak terhingga , demikian juga aliran arus produk ” dari luar yang tak tertahankan. ( Informasi valid ).

walaupun demikian kami dan mitra tidak kecil hati untuk terus semangat dalam mengelola tanaman, berapa pun harga yang sedang berlaku. Tanaman bisa tumbuh sehat segar, mudah mudahan bisa mencapai produktifitas yang tinggi dan terpenting lagi proses  belajarnya dan tranfer tehnologinya, bisa didapatkan.

Tingkat kepuasan bisa tercapai dengan kondisi tanaman yang sehat, sambil terus mempelajari sistem metode budidayanya, sambil terus melakukan tehnik agar tanaman berbuah lebat sambil  berharap terjadinya perubahan harga yang signifikan.

Apapun yang terjadi dengan harga yang masih saja rendah, petani mitra terus berusaha agar, tanamannya tumbuh sehat , lokasi yang dekat dengan pantai, 7 mdpl saja, bukan juga penghalang untuk terus berusaha agar tanamannya tumbuh subur dan lebat.

Pertumbuhan sedemikian saja sudah, kami syukuri dan tak mungkin kami,cabut / rombak, yang penting ikhtiarnya, perihal hasil harga dan rezeki sudah ada yang mengatur Nya.

Sering melihat dan mengamati postingan postingan dari web atau juga medsos lainnya, memacu semangat mitra pak Rahmat dari Pandeglang ini untuk bisa memahami dalam menjalankan metodenya, dan saat ini hasilnya sudah tampak didepan mata. Tanaman sudah seperti senior senior di KPO-KL, dan bukan suatu…mimpi lagi….

Dengan hasil yang demikian , sudah sangat mengembirakan hati kami bersama dan tak mungkin lah sebagai tanda syukur telah berhasil melangkah 80-90 persen, kemudian tanaman di cabut/diganti. Terus semangat mitra Pandeglang/ Banten, semoga ada perubahan membaik dalam produksi maupun harga. AAmiiin…  Aamiinn …Aamiinnn .