Waktu rawan terjadinya Bercak daun MELON

Setalah kita mencoba mengatasi puret di awal masa tanam, pada saat tanaman memasuki usia 40-50 hst tanaman memasuki saat saat rawan terjadinya Bercak daun.

Pada saat pembentukan buah dan pembesaran buah disaat itu pula kita perlu mewaspadainya terjadinya kerentanan daun terhadap bercak daun seperti hasil pada tanaman mitra kami dari Lampung Timur ini.

Tetapi yang perlu kita lakukan adalah pertama ketenangan dalam menghadapi masalah setelah itu barulah kita menerapkan tehnik pengendalian secara tepat dan akurat. Contoh daun diatas ada tanda lubang pada daun yang sebelumnya terkena bercak. Bercak berhasil ditanggulangi.

Sebagaimana yang dikemukakan oleh mitra kami tersebut yang mengatakan daun yang terkena bercak nya sudah mengering yang artinya pula kumpulan spora (Myselium) sudah tidak aktif lagi. Daun yang terkena sudah tidak basah dan tidak tampak lagi spora yang berwarna putih melingkar pada spot sekitaran daun terserang.

Apabila daun melon terkena bercak jangankan mengharap pembentukan jaring net untuk pembesaran buah saja akan sangat sulit akibatnya buah kecil kecil yang harga jualnya sangat rendah.

Sambil mengatasi bercak daun dengan mengaplikasikan POCANIL plus fungisida kontak dan sistemik (merk bebas) bercak daun berhasil dipulihkan. Reaksi fungisida yang biasanya lambat dalam mengatasi bercak daun menjadi efektif setelah di mix dengan Pocanil dari KPO KL.

Petani melon sepakat apabila menemui bercak daunnya mengering seperti pada gambar di atas , bisa bernafas lega dan terlepas dari rasa gundah dan khawatir akibat gangguan bercak daun tersebut.

Tak terbayang apabila bercak daun tak terkendali, padahal sebaran dari spora cendawan tersebut bisa sangat cepat dalam satu dua hari saja daun bawah yang terkena besok lusa sudah naik pada daun daun dibagian atas. Wow….Seragam….

Sambil memantau jangan sampai terjadi serangan bercak daun (agar tidak menyebar) juga memacu pertumbuhan tanaman khususnya buah (bahkan banyak juga yang dipelihara 2-4 buah per batang),

Setelah bercak pulih (tidak menyebar ) saatnya mitra fokus pada pembesaran buah , percepatan pembentukan jaring net dan mengusahakan agar buah rasanya manis .