Virus Cabai terbawa benih mulai muncul

Penyakit virus perlu diwaspadai kehadirannya terutama pada usia 7-14 hari setelah tanam, sulitnya mengantisipasi karena virus itu sendiri muncul atau bawaan dari bibit nya itu sendiri .

Seperti yang terlihat pada gambar pertama ini virus mulai tampak pada tanaman beberapa hari setelah penanaman. Tanaman ini sengaja diberi tanda unt bahan evaluasi kami juga .

Beberapa hari setelah diberi perlakuan Protektan dan Biopestis kondisinya langsung berubah ( tanaman yang sama) . Foto dikirimkan mitra sebagai bahan pengamatan, kondisi awal yg sangat parah menjadi terbuka tunasnya.

Sebagai perlakuan lainnya (tanaman lainnya) kami pantau kondisi awalnya, pertunasannya sudah terkena virus Gemini pula.

Terlihat daun yang lama ( lingkaran biru) sudah melebar sementara daun yang baru muncul ( lingkaran merah) tumbuh dengan daun yang kekuningan memang di usia hst belasan demikian waktu rawannnya penampakan dari virus kuning .

Pada tanaman yang sehat pertumbuhannya termasuk capat. Satu hal yang perlu diperhatikan dengan pola KPO-KL ini yaitu warna kuning biasanya tertutup menjadi warna hijau dan yang lebih utamanya lagi virus tidak menular pada tanaman yang sehat.

Lahan yang digunakan lahan bekas tanaman lalu yang bahkan masih ada cabai lokal dan ada tanaman Porang nya. Semoga berhasil