13 Juni 2016

USAHA AGAR UKURAN BUAH TOMAT BAGIAN ATAS, BESAR

Pemantauan tanaman mitra kami dari Desa Pangarubaan, Sipirok, Tapsel, Tapanuli Selatan- Sumatera Utara, terus kami lakukan.

julpan 1

Saat ini usia tanaman tomat varietas Timoty mitra kami, Sdr. Julpan Pane, ini sudah memasuki usia 70 hari. Pemetikan/panen pun sudah dilakukan sebanyak tiga kali.

julpan 6

Standar yang biasa kami terapkan untuk tanaman tomat ini adalah, bagaimana agar tanaman tomat ini, pada bagian ‘ujungnya’, mau berbuah besar besar yang ukurannya sama dengan buah dibagian bawah/percabangan bagian bawah.

julpan 5

Hal yang kami sangat syukuri, selain buah bagian atasnya sudah berukuran sebesar ukuran telur puyuh, daun tanamannya pun masih bertahan dan terhindar dari bercak daun dan busuk daun. Dalam kondisi demikian , biasanya ukuran buah tanaman tomat ini mau  dan siap untuk membesar lagi.

julpan 4

Hasil yang diperoleh hingga petikan ke 3 ini sudah panen sekitar 6 ons per batangnya, kami berharap semoga saja tanaman mitra kami dari Tapsel ini, berproduksi melimpah dan bisa mencapai 4-5 kiloan per batangnya. Ya… semoga saja , bung Julpan …

julpan 3

Upaya yang kami sedang lakukan hingga saat ini tanggal 13 Juni 2016 ini adalah dengan, memberikan “tekanan gas ” yang agak banyak , agar buah dibagian ujung terisi ‘gas’ juga seperti  buah dibagian bawah ini. Hanya saja apabila tekanan gas terlalu tinggi, biasanya menyebabkan efek efek negatif antara lain, batang pecah, buah pecah pecah, timbulnya bercak  daun , busuk daun  dan juga busuk batang.

julpan 2

Oleh karenanya pola pemberian gasnya yang aman adalah dengan memberikan “gas” yang sifatnya “soft”, nah dalam hal ini adalah dengan pemberian PROTEK-tan, PESNATOR, BIOPESTIS DAN PORMIK.

pannen

Hasilnya, hingga saat ini pada saat petikan ke 3, tanaman mitra kami ini menghasilkan rata rata 4 ons per batangnya.

Semoga saja tanaman mitra KPO-KL di Sipirok ini, bisa menikmati hasil yang melimpah setelah menggunakan cara cara budidaya yang minim pupuk dan pestisida kimia ini.

Semoga berhasil, bung Julpan…. Tetap hati hati dalam memberikan ” tekanan pupuk Gas ” nitrogennya.