Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Ulat Bawang, Tehnis dan cara mengendalikannya

Seminggu setelah hari raya, 23 Juni 2018, kami berkesempatan bertemu sekaligus mengamati secara langsung, hasil hasil penerapan cara kpo-KL oleh mitra mitra di desa Gerih -Ngawi dan desa Baluk- Magetan ,Jatim . Ada beberapa catatan yang kami dapatkan terutama pada tanaman cabe, tomat, padi dan bawang Merah. Pada kesempatan ini kami akan membahas khususnya bawang merah terlebih dahulu.

Tanaman yang kami pantau adalah tanaman bawang merahnya pak Khairul yang pada saat itu telah berusia 57 hari, dan bahkan tanamannya sudah diborong/ditebas oleh pengepul . Padahal informasi yang kami dapatkan saat ini tanaman bawang merah di sekitaran desa Gerih Ngawi sedang terjadi wabah serangan ulat bawang yang sedang masif.

Mitra kami ini yang pada awal April 2018, berkunjung ke ‘saung KPO-KL’ ini, untuk mengikuti pelatihan singkat, tanamannya termasuk yang ‘selamat dan lulus’ dari gangguan ulat grayak, Spodoptera exigua . Zona aman sudah terlampaui, biasanya tanaman bawang apabila sudah lebih dari 50 hst termasuk, zona aman dan relatif buah sudah membentuk walaupun belum sempurna.

Hama Ulat Bawang biasanya  mencapai puncaknya pada minggu keempat atau kelima setelah tanam, jadi masa masa rawannya adalah pada usia 1 bulan- 1 bulan setengah, apabila petani tidak cermat dalam mengatasinya, maka tanaman bisa terjadi kerusakan secara meluas.

Untungnya seperti yang terlihat pada  gambar artikel ini, tanaman bawang pak.H. Khairul bisa tertanggulangi dan terhindar dari hama ulat tersebut. Adapun cara yang kami lakukan adalah dengan penyemprotan Pesnator  ( insektisida hayati dari KPO-KL) yang ditambahkan dengan insektisida kimia  sebanyak dua macam ,dan itupun dengan dosis yang rendah.

Sedangkan bersamaan dengan itu, penanggulangan penyakit busuk daun dibagian  ‘ujung’ juga perlu dilakukan secara bersamaan dan dalam hal ini yang kami prioritaskan adalah dengan penggunaan, POCAnIL.

Semoga makin berhasil, mitra mitra KPO-KL dimana pun khususnya petani di Magetan dan Ngawi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *