1 November 2019

Tumpang Sari Tanaman

Kali ini kami mencoba membahas perihal tumpang sari. Pola tanam ini memang apabila tepat cara pengaturan waktunya maka hasilnya pun, bisa memuaskan tetapi apabila salah satu tanaman menutupi tanaman lainnya maka hasilnya kurang maksimal dan tidak sesuai yang di harapkan, belum lagi faktor hama dan penyakit pada saat rimbun maka penyakit dan hama lebih mudah datang. (Mitra bisa lihat juga versi Videony di channel kami, https://youtu.be/XqnrV9VH6WQ

Tanaman mitra yang kali ini kami fokuskan adalah tanamannya, salah seorang pegawai PLN di Kec. Cisurupan, Kab. Garut. Tanaman yang ditumpang sarikan adalah, Cabe dengan bawang daun plus nanti menyusul yaitu, Tomat.

Pada saat ini cuaca di Garut sedang panas panasnya, tanah kering, hanya dibantu dengan siraman air yang untungnya masih tersedia di tempatnya mitra kami ini. Tanaman bawang merah ini, nantinya diharapkan panen duluan dan memberikan hasil untuk sedikit banyaknya membantu pembiayaan untuk cabe dan tomat dan juga untuk penghasilan / kebutuhan sehari hari.

Tanaman cabe yang paling panjang usia tanamnya. Varietas yang ditanam, CMB Pilar. Kami berharap mitra junior kpo KL ini, bisa berhasil mengikuti mitra mitra lainnya yang sudah terlebih dahulu sukses.

Tampak tiga serangkai, Cabe , Tomat dan bawang daun. Tomat di tanam selisih 1 bulan dengan cabainya, sedngkn cabe dan bawang hampir bersamaan.

Pengaturan waktu ini diperlukan agar pada saat nantinya antar tanaman tidak tumpang tindih satu sama lainnya. Semoga menjadi inspirasi pola dari mitra muda kpo KL ini.