23 Maret 2015

TUMPANG SARI BAWANG MERAH DAN CABE MERAH, ULAT DAN BUSUK DAUN PERLU PENANGANAN KHUSUS

Tanaman bawang merah, dalam minggu minggu ini sedang menjadi Tranding Topick, bagaimana tidak saat ini, harga bawang merah berada dikisaran 15- 20 ribu per kilonya. Harga bibit yang mahal menjadikan dan langkanya bibit menjadikan komoditas ini, agak jarang yang menanamnya.

3

Gambar 1.A. Pengamatan pertama, kami lakukan pada hari minggu tanggal 15 Maret 15. Pada saat usia tanaman berumur 2-3 mingguan.

IMG-20150314-01428

Gambar 1.B. Bapak Muslahuddin yang berasal dari Aceh besar, berbudidaya tanaman bawang merah dan cabe keriting  di Garut, tepatnya di desa Pada Mulya- Pasir Wangi- Garut _jabar.

bawang merah 22 mart 1

Gambar 2.A. Pengamatan pada tanggal 22 Maret 15, pada saat usia tanaman 3-4 mingguan (karena ditanam tidak serempak, sehingga tanaman dihitung secara bertahap.)

bawng merah 22 ,2

Gambar 2.B.  Sementara ini, fokus pada tanaman bawang merah terlebih dahulu, yang kami syukuri, kondisi tanaman bawang dan cabe nya, tumbuh subur dan aman dari serangan hama dan penyakit .

bawng merah 22 mar 3

Gambar 2.C. Daun bawang tumbuh subur dan sehat, demikian juga tanaman cabe nya.

Fokus saat ini untuk tanaman bawang adalah, menghindarkan tanaman dari serangan hama ulat Spodoptera Exiqua dan bercak /busuk daun Alternaria porri.

Secara tehnik yang kami lakukan adalah dengan penyemprotan Protektan, Biopestis, Pesnator dan Pocanil ,plus pestisida kimia sebagaiamana yang biasa dilakukan dengan dosis yang sangat rendah.

Semoga saja yang Maha Kuasa MeridhoiNya…. amin.