18 November 2019

Tomat dan cabe( tumpang sari),tetap aman dari keriting daun dan Virus kuning

Walaupun tanaman tomat dan cabe merah besar di tanam berdampingan atau berdampingan tetapi hasil yang terlihat setidaknya hingga saat ini tanggal 18 Nov 2019, kondisinya tetap aman dari keriting daun dan virus kuning.

This image has an empty alt attribute; its file name is IMG-20191118-WA0138-1024x579.jpg

Kekhawatiran akan terjadinya keriting daun atau virus kuning akan berpindah dari tanaman satu ke tanaman lainnya, bisa ditepis dengan praktek yang dilakukan di Wilayah Cisurupan Garut ini.

This image has an empty alt attribute; its file name is IMG-20191118-WA0128-579x1024.jpg

Kekhawatiran saling bergesekannya tanaman terjangkit satu ke tanaman lainnya pun tidak terjadi . Faktor sinar pun kita usahakan agar tetap terjaga agar jangan sampai terlalu rimbun sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman dan buah pada khususnya.

Tanaman mitra kami yang sejatinya bukan petani murni ini, beliau seorang Pegawai PLN di Garut, langsung bisa dan tancap gas dengan pola kami dalam mengantisipasi terjadinya keriting daun dan virus kuning dengan menerapkan langkah per langkah pengendaliannya secara seksama.

Kedua penyakit yang menjadi kendala utama pada kedua pertanaman tersebut dapat di kendalikan oleh mitra pemula kami ini. Di KPO KL ini mitra pemula pun, potensi untuk keberhasilannya besar dengan ” note” tidak ‘ neko neko’ dalam menerapkan suatu komposisi yang ‘asing’ dan tak dikenali ‘sistem’.
Adanya penambahan komposisi diluar ‘sistem’ secara auto ‘mengacaukan’ ritme dan daya kerja mikrobanya, sehingga jangan salahkan pola kami kalau dalam penerapannya masih keluar dari sistem. Memang dalam hal ini kami sering untuk memfollow up mitra yang menggunakan metode kpo agar sesuai secara tepat cara penerapannya, karena menurut hemat kami, lain metode lain pula cara dan aturan ‘mainnya’.

Dengan penerapan PROTEKTAN dan BIOPESTIS secara di semprotkan dan di kocorkan, dengan dosis sangat rendah bahkan untuk semprotan dibawah 1.5 ml perliter airnya dan untuk kocorannya hanya 0.3 mili per liter airnya.Dengan cara ini, hasilnya tanaman aman dari keriting daun dan virus kuning. Semoga mitra petani dimana pun bisa lulus dari ujian penyakit tersebut.