12 November 2019

Tikus sawah,bandel? Coba Cara ini….

Hama tikus pada tanaman padi apabila sedang datang musim /wabahnya, maka penanggulangannya sangat sulit sekali, hal ini pun kami rasakan sendiri pada beberapa bulan yang lalu. Perihal wabah , pasrah dan tawakal adalah cara yang tepat, karena di beri perlakuan apapun sepertinya nihil saja. Menghindari tanam lebih awal pun bisa menjadi pilihan solusi sejak dini.

Baik berikutnya kita bicarakan pengendalian dalam kondisi serangan yang wajar dan bukan wabah, bukan serangan yang masiv, nah untuk yang hal demikian dengan cara kpo Kl ternyata masih bisa terkendalikan hama tikusnya. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya pada lokasinyanya Bp. Ade Suratman di Lokasi desa Cilamaya Wetan, Karawang Jabar.

Pengamatan kami pada tanggal 20 Okt 2019 yang lalu kami lanjutkan pada tanggal 9 Nov 2019, hasilnya tanaman padi 1 hektar yang dikelola Bp. Ade hingga saat ini, sehat dan terhindar dari hama Tikus. Bahkan tampak bulir bulir dari malai padi sudah panjang panjang dan berisi .

Pada video sebelumnya tampak jelas tanaman padi di sebelahnya menggunakan perangkap kawat berlistrik sementara itu mitra kami aman berlenggang, tanpa menggunakan alat setrum listrik tetapi padinya hingga saat ini sudah mendekati masa masa panen. Video sebelumnya, di Channel KPO KL , https://youtu.be/DpPcsu4gb-4

Langkah yang kami ambil adalah dengan memberikan aplikasi semprotan PROTEKTAN, PESNATOR dan terutama POCANIL . Dengan aplikasi tiga serangkai ini, hama Tikus enggan mendekat, hama hama seperti penggulung daun/hama putih palsu, wereng pun enggan mendekat. Komposisi tambahannya adalah dengan hanya menambahkan satu-dua macam insektisida kimia dengan dosis 6-7 mili per 17 liter airnya.

Metode ini ternyata berhasil 5 lokasi yang kami beri perlakuan ini semuanya bisa dikatakan aman dari tikus, walaupun pada tahap awal sempat mengganggu. Saran aplikasi semprotannya , sebaiknya diberikan secara rutin 7 hari sekali . Semoga menjadi inspirasi bagi mitra lainnya dan tanaman padinya aman dari serangan tikus.