2 Mei 2020

TETAP BERTAHAN DAN UNTUNG PADA SAAT PENDEMI (COVID 19)

Tanaman mitra kami dari Garut ini terus kami pantau perkembangannya, hingga saat ini sudah memasuki petikan ke 7.Kondisi tanaman hingga saat ini masih lebat dan yang terpenting lagi hitungan secara ekonomi hasilnya sudah melampaui dari modal usahanya.

Apalagi sebelumnya dilahan ini ada tumpnag sari dengan tanaman Bawang merah yang sudah untung bahkan berhasil pula menutup biaya tanam hingga cabe pada fase fase awal. Untuk lebih jelasnya bisa lihat juga hasilpada Youtube kami ini, https://youtu.be/7Do6X3tpWUo

Harga rata rata pada saat ini di awal awal bulan Mei 2020, dikisaran 10 ribu per kg nya. Upaya yang dilakukan adalah memaksimalkan hasil produksinya.

Selain itu menekan Variabel biaya produksinya, adapun dengan metode yang kami terapkn ini, biaya produksi tertekan karena penggunaan pupuk dan pestisida kimia menjadi sangat sedikit.

Kondisi saat ini serba sulit bagi petani dan juga masyarakat lainnya, pasar pasar sepi permintaan akan bahan produk pertanian walaupun dibutuhkan tetapi daya beli masyarakat pun sangat rendah.

Terpenting adalah tetap mensyukuri karena mitra petani masih bisa beraktifitas dan berproduksi sebagaimana biasa, sementara sektor pekerjaan lain sudah banyak yang terhenti.

Dalam kondisi tersebut bukan hanya kerugian tetapi sudah sangat memprihatinkan karena banyaknya terjadi kesulitan dalam mencari mata pencaharian sehari hari. Semoga mitra mitra KPO Kl dimana pun tetap bersyukur dan menjalani musibah Covid 19 ini, iklas dan selalu bersyukur karena masih bisa bertahan dan malahan masih bisa meraih keuntungan .

.

Di-tag pada: