1 Juni 2021

TAnaman subur dilahan GERSANG

Saat ini banyak sekali produk produk Organik yang beredar dipasaran, cara mudah untuk mengetes seberapa kuat kandungan Mikroba nya seberapa banyak kemampuan mensuplay nutrisi hara Mikronya, caranya yaitu langsung tanam di lokasi yang tanahnya tak pernah ditanami berwarna kuning, putih atau kemerahan. Langkah ini menguji keorganikan sebuah produk selain itu juga menguji kemampuan daya kerjanya.

Sebagai contoh yang dilakukan oleh mitra senior kami ini dari Samarinda Kaltim, mitra kami ini ingin mengulang keberhasilannya 3 tahun lalu yang mana mitra sudah berhasil memanfaatkan lahan bekas galian batubara menjadi lahan yang subur dengan berbagai komoditas yang pernah di tanam. Komoditas yang pernah ditanam al, CMK, Rawit, terong dll.

Dan saat ini mitra masih disekitaran lokasi galian dan kali ini yang digunakan tanah urugan yang kandungan unsur hara nya jelas sangat minim. Adapun hasil yang bisa kita observasi adalah walaupun baru 1/3 perjalanan sudah mulai tampak reaksi dari bahan organik yang diaplikasikan.

Tanah yang awalnya berwarna putih kekuningan tidak memerlukan waktu lama tidak perlu bermusim musim, dalam musim tanam ini pun lahan sudah berubah warna agak ke hitam an . Warna cerahnya menjadi lebih gelap, hal ini merupakan indikasi bahwa mikroba yang kita berikan sudah bersinergi dengan kandungan unsur hara makro mikro yang berfungsi juga sekaligus sebagai media tumbuh yang sesuai bagi Mikroba tersebut.

Hal lainnya yang menjadikan parameter kami adalah tanaman tetap subur layaknya ditanam ditanah pegunungan yang mengandung banyak humus . Daun, tunas tanaman hijau segar tak nampak ‘kruil kruil’ keriting ataupun tunas berwarna kuning yang merupakan salah satu ciri tanaman defisiensi salah satu atau beberapa unsur hara. Tampak tidak ada gejala gejala tersebut bahkan tanaman layaknya ditanam bukan di lahan tandus – gersang.

Adapun tehnik yang kami gunakan adalah memberikan MIKVATOR yang merupakan kumpulan beberapa Mikroba pengurai, selain itu kita suplay dengan PORMIK yang merupakan nutrisi bagi Mikroba juga mengandung Berbagai unsur hara Mikro dan untuk mempercepat reproduksi Mikroba nya kami berikan Pupuk CAS yang juga memberikan reaksi agar Mikroba mendapatkan pengkondisian yang sesuai untuk perkembangbiakannya. Hasilnya, reaksi terjadi dan tampak dalam satu musim berjalan.