2 November 2020

Tanaman memasuki masa pembuahan ke dua.

Kami melanjutkan pengamatan pada tanaman mitra kami di Jogja yang beberapa kali kami posting sebelumnya . Kondisi per bulan juli 2020 yang lalu.

Terlihat kondisi tanaman mitra diawal perlakuan dengan cara metode KPO, sangat memprihatinkan. Hal ini sekaligus memotivasi mitra yang terkadang ada yang merasa jengah karena tanamannya dari ribuan batang di tengah perjalanan nya ada yang terkena masalah misalnya keriting daun atau busuk daun.

Padahal adanya kerusakan tanaman bisa saja bukan pada kesalahan aplikasi nya karena hal ini langsung secara mudah bisa dianalisa melalui kondisi tanaman secara keseluruhan. Artinya apabila satu dua batang tanaman mengalami problem sedangkan yang ribuan lainnya tanaman sehat hal ini bukan kekeliruan aplikasinya tetapi bisa saja serangan masiv pada satu dua batang tersebut ataupun faktor genetik pada satu dua batang tanaman itu.

Kita lihat perkembangan tanaman setelah 2 minggu aplikasi terlihat ada progres dari kondisi sebelumnya per tanggal 15 Juli. Hal yang perlu ditanamkan oleh mitra mitra kpo yaitu jangan cepat ngedrop mental. Lanjutkan saja secara berangsur kita coba agar spot dua batang tersebut segera pulih dengan perlakuan ekstra khususnya bagi spot tanaman yang terkena.

Hal ini kami anggap perlu jelasksn kepada mitra mitra karena mitra terkadang inginkan kondisi semua tanaman dalam luasan kebun tersebut sempurna dan tidak ingin ada satupun tanaman yang terkena keriting daun virus atau busuk daun, hal ini tentunya tidak mungkin gans… Karena faktor diatas tersebut tanaman ada saja baik gangguan genetik hormonal ataupun gangguan dari hama yang intens pada satu dua batang tersebut.

Namun yang terpenting dari contoh kasus demikian adalah sikap kita dalam menghadapinya, usahakan tetap tenang tidak aral dan ada keyakinan dalam diri bahwa tanamannya akan pulih kembali minimalnya tidak menular kan pada tanaman di sekitarnya.

Apalagi dalam contoh yang kami sengaja angkat perjalanannya dari awal, mitra kami dari Jogja ini yang tetap rilek mengikuti pola sistematis yang kami berikan per aplikasi dan pada akhirnya saat ini tanaman yang hampir seluruh areal mengalami problem bisa kembali produktif bahkan sudah memasuki taraf pembungaan kedua atau sering kita bilang dengan istilah periode pembungaan ke dua.

Padahal kalau lihat kondisi awalnya tanaman tersebut bukan lagi satu dua batang yang bermasalah tetapi seluruh areal tanamannya yang terkena keriting daun dan juga busuk daun . Penegasannya selain pada tehnisnya, juga kami harapkan mitra kpo tetap tenang yang penting tanaman yang sakit tidak menular pada tanaman sekitarnya. Perlu kesabaran, ketelatenan dan intensif dalam berkomunikasi, tidak setengah hati dan terlalu lama jeda komunikasinya. Semoga berhasil mitra mitra lainnya.