23 November 2018

Tanaman Makin Tua makin Produktif

Tanaman mitra kami dari Pundungan ,Tirtomartani ┬áSleman Jogjakarta ini Memang “awet tua”, diusianya yang sudah memasuki bulan ke 7, Tapi tanaman masih segar bugar . Ini alamat link video terkait.

https://youtu.be/HUQxJ6TSuqc.

.Tanaman hingga saat ini sudah memasuki Bulan ke 7, tetapi sepertinya tanaman yang berusia 4-5 bulan saja, masih segar bugar.

Kami memang mengharap tanaman ini terus bertahan hingga memasuki tahun 2019. Bertahan dan terus masih produktif.

Adapun kiat yang dilakukan oleh Mas Ichsan dari Jogjakarta ini yaitu dengan cara mengurangi penggunaan pupuk dan pestisida kimia secara drastis.

Karena memang pada dasarnya Penggunaan pupuk dan pestisida kimia yang berlebihan bisa menjadikan jaringan tanaman menjadi cepat menua dan berkerut.

Adapun dalam hal ini yang dilakukan oleh Mitra kami ini yaitu dengan memperbanyak penggunaan pestisida organik yang berbasis mikroba untuk mengendalikan hama dan penyakit nya.

Mikroba mikroba antagonis memang sangat efektif dan efisien dalam mengendalikan hama dan penyakit tanaman tetapi dengan catatan Penggunaan pupuk dan pestisida kimia memang harus dikurangi.

Jadi memang Sebenarnya ada kesamaan pola dalam penerapannya tetapi bertemu dengan kenampakan hasil pada tanaman yang tetap segar.