29 November 2018

Tanam Melon di Lahan Bekas

Inovasi inovasi terbaru di bidang budidaya pertanian terus dilakukan oleh klinik pertanian organik kembang langit termasuk juga di dalam hal teknik pemupukan. Dari pengalaman petani melon selama ini biasanya jarang sekali petani melon yang menggunakan B dengan nya dimana sebelumnya ditanami melon juga.

 Tetapi dalam hal ini kami bersama Mitra dari Desa baluk Magetan Jawa Timur Bapak Azis mencoba untuk menggunakan metode terbaru dari klinik pertanian organik kembang langit.

Tanaman melon varietas Pertiwi ditanam pada tanggal 20 Oktober 2018 dan musim sebelumnya pun sudah ditanami melon yang hasilnya rata-rata sekitar 2 kiloan per butirnya. Hampir semuanya masuk grade A.

 Dan kali ini pun di lobang tanam bekas melon musim lalu Bapak Azis menanam lagi melon tetapi diberi perlakuan khusus cara klinik pertanian organik. Perlakuannya yaitu berupa pemberian Mikvator sebanyak kurang lebih 5 gram atau satu sendok teh saja.

 Tentunya dalam hal ini Mitra kami ini telah mematahkan mitos yang menganggap bekas lahan melon tidak baik atau “ditabukan” untuk langsung ditanami tanaman melon lagi.

Tetapi anggapan tersebut perlahan-lahan kami coba untuk mengubah dan hasilnya hingga saat ini terlihat, justru pertumbuhan tanaman melon lebih sehat dan pembentukan buah lebih seragam dari musim sebelumnya.

Hal ini tentu saja akan memangkas banyak sekali biaya produksi terutama dalam hal pengolahan lahan. Semoga saja perjalanan tanaman melon Mitra kami ini yang pada saat ini memasuki usia 35 HST.