15 Desember 2020

Tanam cabai dimusim hujan, bisa lulus… Harga tinggi menanti

Musim hujan di bulan Desember 2020 kali ini tergolong ekstrem juga beberapa daerah sentra sentra pertanian mengalami kelebihan air bahkan ada juga yang terendam. Lokasi lokasi yang perencanaan kurang matang atau pemilihan lokasi tanamnya yang tidak memperhatikan sistem pembuangan kelebihan airnya buruk pun bisa mengalami ekses dari kondisi alam yang demikian.

Namun bagi petani yang benar pemilihan lahan dan juga mengantisipasi dengan pembuatan bedengan yang tinggi dan saluran pelepasan kelebihan airnya tepat, diharapkan dapat berhasil dalam musim tanam kali ini.

Selain faktor mekanik juga perlu diperhatikan segi pengelolaan tehnisnya. Pengaturan sistem pemberian pupuk dan juga pemilihan pestisida yang tepat akurat biasanya menjadikan petani tetap tenang dalam menghadapi curah hujan tinggi tersebut.

Seperti halnya mitra kami dari Tapanuli Selatan ini, yang menerapkan sistem pengaturan yang telah di rumuskan secara sistematis oleh KPO didukung oleh penambahan pestisida yang tepat guna, hingga saat ini telah memberikan dampak pada tanamannya.

Pemberian Pocanil, pupuk Cas, dan Pesnator, Protektan yang di mix dengan pestisida (merk bebas) walaupun dengan dosis tidak perlu tinggi tinggi, serangan hama dan penyakit hingga saat ini terus terkontrol. Memasuki panen perdana kami berharap mitra makin mahir mengelola tanamannya dengan di dasari pola berbasik organik KPO yang tetap terjaga kesehatan dan ketahanan tanamannya.