Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

(HINDARI )SPEKULASI dalam BUDIDAYA TANAMAN

Bertanai adalah pekerjaan mulia, tetapi pekerjaan ini pun sebenarnya rawan gagal, apabila dalam budidayanya gagal sekali dua kali masih wajar dan masih bisa bangkit tetapi kalau gagalnya hingga tiga kali atau bahkan lebih, maka profesi tersebut , menjadi profesi yang rentan ditinggalkan.

IMG-20170806-WA0044

Dalam artikel KPO KL kali ini ,kami angkat kembali gambar hasil  penerapan mitra kami dari Bekasi Jawa Barat. Bp. Tengku Sopian, yang kebunnya didekat Perumahan Alamanda, di Kec Mustika Jaya, Pasar Setu. Tampak  Bp.Sopian di kebunnya sedang memantau tanaman cabe Rawitnya.

IMG-20170806-WA0048

Beliau ini benar benar pemula dalam bertani di sela sela pekerjaan  di  PT.Mondelezz, beliau secara aktif dan serius menekuni pekerjaan bertani  tanaman cabe ini .

IMG-20170806-WA0046

Sdr. Zaenal yang membantu  di lapangan untuk mengurus tanaman cabe pak Tengku Sopian, secara intensif .

Dalam hal ini kami dan mitra mitra senior KPO-KL, yang terhimpun dalam grup WA MITRA KPO_KL, senantiasa  saling membantu mitra pemula termasuk Bp. Tengku  Sopian ini.

IMG-20170806-WA0051

Dalam mendampingi petani kami tidak ingin berspekulasi dengan memberikan “resep” yang belum pernah kami terapkan, tetapi kami mencoba berjalan dalam “track ‘ yang kami buat sendiri.  Terlalu riskan rasanya, kami memberikan saran hal hal yang belum pernah kami terapkan.

IMG-20170806-WA0045

Biaya bertani itu mahal, salah memberikan aplikasi satu jenis saja , hasilnya bisa berbeda,  apalagi kalau hanya sekedar membaca kandungan suatu produk baik yang pestisida maupun yang diluar pestisida.

IMG-20170806-WA0033

Kalau kami perhatikan saat ini, cukup banyak yang memberikan “resep” yang diluar pupuk dan pestisida yang diluar ‘kebiasaan”, tidak ada yang salah dalam hal ini, tetapi yang jadi pertanyaan sudah di ujicobakan kah “resep’ tersebut, dan hasilnya bagaimana? Selain itu amankah untuk dikonsumsi manusia?

IMG-20170806-WA0031

Dalam hal ini, kami tidak ingin berspekulasi dalam bekerja sama dan mendampingi petani, yang pernah kami lakukan itu yang kami berikan juga pada petani, terlalu besar resikonya.

Bertani itu perlu biaya besar, tenaga yang di”korbankan” besar, kami khawatir kalau belum ada contoh hasil, jangan jangan informasi tersebut termasuk “INFO JONGKLOK”…..

Waspadalah…. minta dulu contoh hasil penerapannya bagaimana, minimal dari gambar/video yang bukan hasil “editan’.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


9 × = lima puluh empat

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


sembilan − = 4

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>