13 September 2016

PESTISIDA KIMIA SEKEDAR PELENGKAP SAJA

Tanaman mitra kami dari Banda Aceh pada tanggal 12 September 2016,  kondisi tanaman cabe  var CTH ini, semakin lebat dan bahkan sudah mencapai ke tunas tunas dibagian atasnya .

azmi7azmi-12

Pertumbuhan tanaman berbasis organik cara Kembang Langit ini, makin tampak sehat setelah sebelumnya sempat terkena antraknose / patek beberapa saat yang lalu.

azmu2

Pada saat ada serangan antraknose tersebut metode yang kembangkan adalah dengan pengendalian menggunakan cara semprotan Pocanil plus bahan fungisida kimia dengab dosis yang rendah saja..

azmi52

Setelah kondisi membaik, dosis fungisida kimia yang digunakan dosisnya kami turunkan kembali .

azmi41

Jadi dalam hal ini, pada saat ada gejala dan serangan penyakit yang agak perlu perhatian ekstra, dosis dan jenis pestisida kimianya kami sesuaikan. dosisnya dan dinikkan dulu tetapi pada saat penyakit sudah membaik…kembali dosis pestisida tersebut diturunkn lagi.

azmi6

Setelah petikan ke 7 ini, kondisi tanaman pak Azmi di Lingkungan Unsyah Banda Aceh ini, makin sehat dan dalam kondisi sehat seperti ini tentunya Obat/ pestisida tidak diperlukan lagi dalam takaran yang banyak.

Saatnya untuk mengendorkan dosis pestisisida organik cara KPO KL dan saatnya mengurangani pestisida kimia.

azmi33

( Jadi jangan dibalik yaa…pada saat tanaman sakit mencari solisi dengan pestisida organik pada saat sudah membaik beralih lagi dengan.penggunaan pestisida kimia dengan dosis tinggi.) Karena dengan metode yang kami gunakan selama ini, Pestisida ORGANIK  sebagai bahan utama sedangkan pestisida kimia sekedar pelengkap saja.