Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Pupuk dan Pestisida bukan hanya sekedar pakai saja

 Penggunaan pupuk dan pestisida tentunya diperlukan pengelolaan baik dalam dosisnya,  waktu dan kondisi cuaca , Kapan ” timing” yang tepat untuk penerapannya. Jadi  penerapan pupuk dan pestisida tidak asal “jebreeet saja”.

Untuk mengilustrasikan nya kami mengambil contoh dari perlakuan yang diberikan oleh Mitra kami Bapak Maswel  dari pesisir selatan Sumatera Barat.  Pada musim tanam, tahun yang lalu tanaman Mitra kami ini hasilnya jauh dari kata menguntungkan tanaman banyak yang terserang keriting dan pada saat panen banyak pula yang mengalami busuk buah atau patek.

Padahal pada musim tahun lalu tersebut  pak Maswel sudah menggunakan produk-produk dari kpo KL, hanya saja penggunaan produk belum sesuai dengan metode atau  standard yang baku cara klinik pertanian organik -Kembang Langit. Jadi baru sekedar pakai saja, tanpa aturan /tidak Pada “track” nya.

Nah,  pada musim tanam kali ini kami mencoba mendampingi Mitra kami ini Mulai sejak awal pengolahan lahan hingga sampai saat ini tanaman sudah memasuki fase berbuah. Kalau pada musim lalu pengolahan lahan dan penggunaan aplikasi ke aplikasi berikutnya masih “berantakan”  tapi pada kesempatan ini kami mencoba agar lebih tertata dan masuk pada sistem budidaya cara kpo. Pendampingan terus kami lakukan secara bertahap dan berkala.

Tanaman yang dipindahtanamkan pada tanggal 24 Juli 2018 ini ,setidaknya hingga saat ini kualitas pencapaian sangat jauh berbeda dengan hasil penggunaan musim lalu Yang belum sesuai dengan standar atau sistem budidaya cara kpo KL.

Dalam hal ini kami ingin menekankan bahwa penggunaan produk-produk kpo KL ,tersebut mesti disesuaikan dengan kondisi tanaman,  pada saat aplikasi akan diberikan, jadi tidak asal “pakai ” / semprot saja.

 Semoga saja tanaman cmk var Lokal Payakumbuh, Jenis Gero, yang saat ini sudah memasuki bulan kedua , hasilnya Kami harapkan jauh berbeda  dan bisa jauh lebih baik dari musim  tanam lalu yang memang bisa dikatakan belum berhasil. Tehnik tepat guna perlu dilakukan, agar timing ” Gas Rem dan Kopling nya”, bisa Pas dan mengenai sasarannya.  Semoga …Sukses petani Pesisir Selatan Sumatera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *