25 Juli 2019

Pola KPO KL, Kembali Teruji di Musim Kemarau

Musim kemarau memang tidak, karena jangankan tidak tersedia air disekitar perkebunan dalam posisi tersedia saja, terkadang tanaman masih terkena keriting daun/ puret. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila di pertengahan bulan Juli 2019 ini buah cabe langka di pasaran.

Harga dipasaran saat ini baik di Jawa maupun di luar pulau Jawa, dikisaran 50-80 ribu rupiah per kg nya, harga yang jarang jarang terjadi setelah dua musim kebelakang harganya jatuh, sejatuh jatuhnya. Beruntunglah mitra petani yang bisa panen pada saat ini. Salah satu dari sekian banyak mitra KPO KL yang panen diantaranya adalah mitra senior Bp. Aspan Pane dari Tapanuli Selatan.

Beruntungklah mitra kami Bp. Aspan Pane dari Sipirok ini, karena tanamannya sudah memasuki pembuahan tahap kedua, usia tanaman kurleb 8 bulanan. Kami memang sangat menekankan pada mitra mitra agar memelihara tanaman bagaiamana pun kondisinya dengan alasan harga diprediksi untuk beberapa saat kedepan, masih bertahan dengan harga yang hampir sama dengan saat ini.

Kalau kita hitung mundur waktu 8 bulan sudah dijalani, artinya tanaman ini sudah melewati masa masa derasnya musim hujan dan saat ini masih bertahan di musim panas/ kurang hujan. Adapun pertumbuhan tanaman masih terlihat bugar dan produktif, dan secara intensif perawatan hama hama yang biasa datang pada musim kemarau terus dikendalikan. Hama Thrips, Tungau, kutu kebul, juga lalat buah serta penyakit, virus kuning dan keriting daun.

Dilokasi yang berbeda tetapi masih di Tapanuli selatan, mitra yang lainnya pak Harahap, tanamannya lebih muda usianya pertumbuhan terlihat segar bugar menjelang petikan awal. Semoga saja mitra mitra KPO KL semuanya pun bisa lulus dari Ujian kondisi cuaca seperti saat ini.

Pemberian pupuk dan pestisida kimia yang ‘kompatibel”, disaat cuaca panas/kering perlu sangat dicermat karena tidak semua jenis bahan bahan kimia bisa ‘ padu’ dengan bahan bahan organik dari KPO KL ini. Pemberian pupuk dan pestisida kimia dengan selektif dan juga dosisnya rendah .

bertanam cabe di musim kemarau
Pemberian Protektan, Pesnator dan Freshtan yang dimix dengan insektisida kimia dua jenis saja paling banyak 3 macam ,( tidak perlu berlebihan), kami rasa sudah cukup untuk mengendalikan hama hama yang kami sebutkan diatas. Semoga mitra lainnya, makin lancar juga dalam “mengendari kendaraan ” KPO KL.