12 Juni 2012

PESTISIDA NABATI ( PESNATOR ) mengatasi ulat kubis ,Plutella xyllostella

Hama ulat/crop kubis-kubisan dapat teratasi dengan menggunakan insektisida nabati organik ,PESNATOR.

Pengamatan lanjutan kami yang lalu,dilokasi Pak Tata Supita (Upit) Kamojang ,Bandung pada hari ini, Selasa tanggal 12 Juni 2012,telah memetik hasilnya.  Ukuran “Crop” yang besar -besar dan terbebas dari serangan Plutella xyllostella.

Sebagian tanaman petcay/sawi putih,yang siap panen pula…,tampak berdaun lebar dan sehat. Mengkondisikan tanaman agar tidak disenangi oleh hama Plutella sudah cukup untuk menanggulangi,tanaman agar “mulus” dan utuh.

Pemberian insektisida organik,PESNATOR sangat efektif dalam mengendalikan larva dan imago Plutella xyllostella.  Kebiasaan petani untuk mencampur dengan insektisida kimia masih kami toleransi,namun biasanya kami sarankan dengan dosis yang ,sangat -sangat rendah,tidak lebih dari 1/2 dosis anjuran dalam kemasan…itu pun sudah lebih dari cukup.

Bahkan yang paling sering dilakukan oleh petani adalah dengan mencampurkan,insektisida kimia, 2-3 tutup kemasan PESNATOR kedalam 1 botol PESNATOR,dikocok-kocok,kemudian dosis yang diberikan adalah…2-3 tutup  campuran PESNATOR dan insektisida kimia tersebut,per tangki 15-17 liter air. Kami pikir ini dosis yang aman dan masih jauh dibawah ambang dosis toleransi insektisida kimia.

Cara kerjanya kurang lebih demikian,pada saat hama ulat tersebut,tidak tertarik, tidak mau makan dan lapar…kemudian terkena insektisida kimia,reaksinya biasanya …langsung…,namun kita tidak perlu khawatir terjadi resistensi karena dosis yang digunakan , DOSIS yang sangat RENDAH…