10 Januari 2013

PERTANIAN ORGANIK , SEDERHANA !!!

Kami dalam kesempatan ini akan mengulas tentang  uraian bahwa pertanian organik itu  SEDERHANA .

Gambar 1. (Kondisi awal sebelum menggunakan tehnik pertanian organik ala KTO.  Kondisi tanaman masih menggunakan tehnik pertanian berbasis kimia. Pengamatan tanggal 26 Desember 12.)

Tak banyak yang akan kami tulis pada artikel kali ini, kami tidak akan terlalu banyak “basa-basi” ,gambar hasil aplikasi pada tanaman ini yang akan “berbicara sendiri”.

Gambar2. ( Pengamatan masih pada tanggal 26 desember 12. Kondisi tanaman masih ‘Jarang-jarang’)

Kami hanya ingin memaparkan,itupun dari hasil aplikasi,bahwa dengan tehnik berbasis pertanian organik  ala KTO,itu SEDERHANA dalam WAWASAN,artinya kita tidak perlu mengetahui BERMACAM RAGAM JENIS PUPUK,HORMON DAN PESTISIDA KIMIA  yang bikin “MUMET”.

Gambar 3.( Pengamatan pada tanggal 2 Januari 12,menurut penuturan pemiliknya Bp. Yuyu tanaman ini, berusia 2 bulanan. Masih belum menggunakan tehnik  pertanian organik ala kami. Dibagian tengah -tengah kebun,  “agak gundul sedikit”.)

Dalam penggunaan dosis pupuk nya pun SEDERHANA, tidak  banyak-banyak,bahkan dari atas (penyemprotan) tidak dipergunakan lagi pupuk daun  secara khusus.

Gambar  4. ( Pengamatan tanggal 9 Januari 13, seminggu setelah menggunakan tehnik pertanian organik ala  KPO,hasilnya tanaman mulai tampak rimbun.)

Penggunaan pupuk dasarnya pun,bisa ditekan  /dihemat.

Gambar 5.( Pengamatan masih pada waktu dan tempat  yang sama dengan gambar 4 diatas. Kondisi tanaman mulai dipacu tunas,bunga dan buahnya.)

Gambar diatas sebagai contoh hasil aplikasinya, dengan tanpa penambahan hormon pertumbuhan pun, hasilnya seperti yang terlihat diatas.

Gambar 6. ( Kondisi tanaman awal,pada saat masih menggunakan tehnik kimia murni. Pengamatan pada tanggal 26 desember 12.)

Dalam pengguanaan insektisda dan fungisidanya pun,selain tidak perlu bermacam-macam jenisnya juga dosis yang digunakan sangat sedikit. Kita tidak dituntut untuk menghapal berbagai macam fungisida yang berbahan aktif sama  demikian pula insektisidanya.  Bakterisida bahkan kita pantang untuk digunakan.

Gambar 7.( Hingga saat ini pun tanggal 2 Januari,Bp. Yuyu masih menggunakan tehnik kimia murni, tehnik pertanian organik versi KPO, baru dipergunakan start pada saat ini.)

  Lalat buahnya, kita kondisikan agar tidak mau makan.

Gambar 8.( Bisa diperhatikan kondisi tanaman kelapa di “belakang sana”,pada saat seminggu setelah aplikasi,kondisi tanaman pertumbuhannya sangat pesat,tetapi dalam hal ini,kami pun tetap mewaspadai terjadinya serangan penyakit akibat laju pertumbuhan  yang terlalu cepat.)

Perekat/perata pun kami tidak gunakan lagi,

Gambar 9.( Masih dalam waktu yang sama dengan gambar 8, bergeser sedikit ke kiri,tampak tanaman juga menunjukkan kondisi yang mulai membaik.)

Kalau sudah begini, masih kah anda mengatakan bahwa pertanian organik itu, RIBET- REAKSINYA LAMBAT- BERABE- TIDAK AMPUH- MAHAL?
Kami ingin membalikkan semua anggapan tersebut, kami ingin buktikan bahwa PERTANIAN ORGANIK khususnya konsep pertanian ALA KPO – KEMBANG LANGIT,SUNGGUH- – SEDERHANA- SEKALI.  Sederhana di CARA- dan SEDERHANA DI ONGKOS !!!
Maaf kalau tulisan kami kali , cukup SEDERHANA…yang penting HASILNYA TIDAK   se- SEDERHANA yang dikira.