25 Juli 2018

PERLUNYA,MEROTASI PESTISIDA

Perkembangan tanaman Mitra KPO KL dari Nias Selatan terus kami Pantau dari waktu ke waktu. Bahkan sampai saat ini tanaman cabe varietas lado Bapak Daci ini sudah panen hingga 20 kali petikan.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh mitra kami,bahwa tanamannya makin bertambah umur semakin banyak buahnya. Dan sepertinya,tunas dan buah tahap kedua sudah berlomba lomba untuk saling mencari posisi.

Hingga tanggal 20 Juli 18,ini setidaknya tidak terjadi resistensi hama dan penyakit yang dicirikan oleh sehatnya tunas, bunga buah tanaman secara keseluruhan..

Dengan pola Perbasik organik cara KPO KL,  ini kami sangat menjaga agar tidak terjadi resistensi, penggunaan insektisida,berbagai macam bisa kita rekomendasikan agar terjadi rotasi secara bergiliran.

Bahan utama penggendali hama dan penyakit kami tetap mengandalkan pestisida organik berupa Protektan, Pesnator  dan Pocanil sedangkan untuk kimia juga kami gunakan  agar terhindar dari kekebalan hama dan penyakit tanamannya.

Sangat bahaya apabila kita hanya mengandalkan satu atau dua jenis pestisida saja dimana nantinya dikhawatirkan terjadinya, resurjensi hama , ledakan hama dimasa mendatang.