21 Mei 2020

Penyakit Embun Jelaga pada Jeruk/Kopi dll.

Mitra kami dari Malang – Jatim menjelang Iedul Fitri kali ini , berhasil panen kembali buah jeruknya dengan kondisi tanamannya sehat , buahnya pun aman dari hama dan penyakit. Berbagai hama dan penyakit tanaman jeruk sudah dapat tertanggulangi termasuk penyakit hitam,embun Jelaga.

Betapa mengganggunya apabila kita memasuki kebun jeruk/kopi kita kemudian di permukaan daunnya tampak berwarna hitam. Cendawan penyebabnya biasa di sebut Capnodium sp. Jamur ini sebenarnya tidak merusak daun secara langsung dan tidak bersifat sebagai parasit, tetapi hidup hanya ” numpang nempel” sebagai saprofit pada tetes “madu ” kotoran yang dikeluarkan oleh kutu daun/ kutu putih .  

Selain menyerang bagian daun penyakit embun jelaga ini juga biasanya menyerang bagian buah dan ranting tanaman jeruk. Embun jelaga ini dapat menyerang setiap tanaman jeruk, apalagi pada tanaman jeruk tersebut terdapat kutu daun( aphididae ) yang bersarang sambil mengeluarkan embun putih/embun madu.

Bagian tanaman yang biasa terserang selain Daun juga menyerang pucuk ranting dan buah buahnya. Bagian yang terserang tersebut akan tertutup berupa lapisan koloni berwarna hitam dan terutama akan mengganggu proses dari fotosintesis tanaman.

Apabila embun jelaga mengenai bagian buah maka buah yang tertutup lapisan hitam ini biasanya ukurannya sulit membesar dan proses pematangannya agak lambat. Adanya kutu daun antara lain jenis aphid : Coccus sp, Pseudococcus sp dll yang menyemburkan sekresi embun madu sekaligus juga merupakan media yang cocok untuk pertumbuhan cendawan Capnodium citri ini.

Mitra kami dari Jatim ini, telah berhasil menghindarkan tanamannya dari penyakit ‘hitam’ baik pada fase berbunga dan berbuah sehingga bunga dan buah tidak rontok dan menghasilkan buah yang terbilang banyak dan melimpah. .

Adapun langkah yang biasa kami lakukan untuk pengendalian penyakit embun jelaga ini yaitu dengan memadukan / bersamaan dengan pengendalian hama kutu daunnya juga, tidak terpisah satu sama lainnya.

Pemberian POCANIL 1 sendok makan ,PROTEKTAN DAN PESNATOR @ 2 tutup bisa dipadukan dengan insektisida kimia dan fungisida kimia dengan dosis hanya @ 1 sendok teh saja per tangki 17 liter airnya.

Ciri apabila aplikasi berhasil adalah munculnya tunas tunas baru yang bersih ‘mulus’ tidak terinfeksi embun jelaga lagi.