14 Februari 2021

Penyakit Bulai pada jagung tertanggulangi.

Bertahun tahun lama nya petNu jagung di wilayah Wonogori dan sekitarnya atau bahkan juga beberapa daerah lain mengalami kepenatan apabila penyakit bulai ini sudah menyerang tanaman jagungnya.

Ini adalah contoh dari tanaman bulai yang menyerang di usia 40 harian sebelum aplikasi dari KPO diterapkan. Gambar ini diambil mitra beberapa hari setelah 2 kali aplikasi KPO.

Target dan harapan kami daun daun yang menguning akibat serangan cendawan bulai bisa berangsur pulih menjadi hijau.

Berbeda dengan penyakit cabai yang diakibatkan oleh virus sedangkan pada tanaman jagung ini disebabkan oleh cendawan Peronoscelospora maydis, namun terlihat dampaknya sama saja daunnya, klorofil daunnya menguning.

Lahannya merupakan petani binaan dari koperasi Solo di Pracimantoro Wonogiri yang dikelola bersama KPO. Jadi semua tehnis aplikasinya diberikan sepenuhnya pada cara KPO.

Swcara berangsur tanda tabda keberhasilan dari tehnis KPO ini sudah mulai tampak, suplay untuk memacu pembentukan klorofil pada daun sudah mulai tampak. Pengamatan dilakukan di minggu pertama bulan Des 20.Baik kita ikuti perkembngn berikutnya, hingga panen dan untuk lebih objektifnya tehnis aplikasi ini kami akan sertakan pula link tehnis versi video nya. Bagaiamana hasil dan tehnis pengendaliannya kita ikuti pada artikel berikutnya.