Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Pengendalian hama dan penyakit tanaman cabe di musim “transisi”

Perubahan musim dari musim penghujan ke musim panas memang memerlukan perlakuan ekstra, karena jelas pada saat musim penghujan Biasanya kita memperkuat penggunaan fungisida sementara memasuki musim panas penggunaan insektisida lebih diprioritaskan.

Inilah kondisi tanaman Bapak Asep yang hingga saat ini tanggal 8 Mei 2018 setelah panen sebanyak 11 kali. Tanaman terlihat seperti kekurangan air karena memang lokasi yang cukup jauh dari sumber air.

Tetapi walaupun tanaman kekurangan air, kami terus berupaya Agar tanaman tetap segar dan bugar. Selain itu produktivitas tetap diupayakan agar stabil dan tidak terjadi penurunan produksi secara drastis.

Memang perubahan kondisi cuaca dari musim penghujan ke musim panas hal yang paling menonjol adalah penurunan timbangan berat buah karena kadar air pada buah yang berkurang.

Ini merupakan data petikan yang diperoleh Bapak Asep hingga petikan kesepuluh. Hasil yang diperoleh sampai dengan petikan ke-10 dengan jumlah tanaman sekitar 4200 batang adalah 2005 kg. Informasi yang kami dapatkan petikan ke 11 pada tanggal 10 Mei 2018 sebanyak 150 kg jadi total hingga saat ini hasil yang diperoleh adalah 2155 kg.

Dengan harga yang cukup bagus di awal awal masa panen yaitu di Kisaran Rp30.000 per kilogramnya Bapak Asep ini sudah bisa menutup seluruh biaya permodalan pada pemetikan ketiga atau keempat kali nya. Perihal hama dan penyakit masalah kutu kebul ,hama thrips, tungau, lalat buah, layu fusarium ,antraknose atau patek dapat tertanggulangi. Adapun yang dianggap agak berat di musim tanam ini adalah masalah virus kuning, sebelum menggunakan metode klinik pertanian organik kembang langit.

Tetapi Untunglah masalah tersebut pada akhirnya bisa tertanggulangi dan tanaman hingga saat ini masih produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *