Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Pengaruh faktor Psikologis dalam keberhasilan bertani

Dalam bertani terkadang kita hanya memperhatikan faktor teknis saja padahal keberhasilan dalam bertani ternyata ditentukan juga oleh faktor non teknis. Faktor psikologis /mental bisa sangat berperan terutama dalam mengambil langkah atau keputusan pada saat akan dilakukannya suatu aplikasi . Pengambilan suatu keputusan dipengaruhi banyak oleh kondisi dan suasana mental dari petani itu sendiri terlalu berani atau juga karena terlalu khawatir bisa menyebabkan pengambilan keputusan yang bersifat ragu-ragu dan salah dalam pengambilan suatu kesimpulan.

Hal ini terjadi pada Mitra kami di daerah Plaihari Kalimantan Selatan. Sikap yang tenang dan pemantauan yang tepat dalam menentukan keputusan menjadi , penentu juga dalam keberhasilan berbudidaya.

Faktor sarana dan sumber daya yang  sama tersedianya, belum tentu sama hasilnya , karena hal tersebut masih ditentukan oleh faktor Mental, darinya itu sendiri.

Dalam pola kpo KL, secara Fisik ada istilah Gas , kopling Dan Rem, artinya dalam kondisi kasus yang sama, seseorang akan berbeda dalam pengambilan keputusan untuk menerapkan pola tersebut. Pengambilan posisi tekanan gas tekanan rem dan kopling akan berbeda satu sama lainnya dan hal ini ditentukan juga oleh faktor Mental dari ,petani yang akan membuat “keputusan tersebut.

Semoga kita bisa memahami filosopi pola bertani ini. Bertani jadi menyenangkan kalau dihadapi dengan faktor mental yang Optimis, tidak “kagetan”  dan dihadapi dengan tenang .

Semoga berhasil , mita mitra kpo KL. Ilustrasi gambar diatas sebagai contoh saja, bagaiamana faktor psikologis bisa membedakan perbedaan suatu hasil .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *