12 September 2012

MENGUPAYAKAN BUAH “UJUNG” BERUKURAN BESAR

Tehnik budidaya berbasis organik,ternyata memiliki daya tahan “tubuh” yang tak terbantahkan,hasil uji aplikasi kami yang berulang-ulang ,menunjukkan hasil bahwa tehnik berbasis organik ala KPO-KL, lebih bisa bertahan dalam kondisi panas maupun hujan.

1.Pada gambar ini,kami tampilkan salah satu tanaman yang  buah bagian ujungnya,berukuran besar-besar.  Bisa anda bayangkan,kalau bagian ujungnya demikian,bagaimana ukuran buah dibagian bawahnya.

2.(Pengamatan awal,26 Mei 12)

Mengupayakan agar buah bagian atas besar-besar,salah satu caranya adalah ,bagaimana menyalurkan aliran “GAS” dari pupuk yang kita berikan agar bisa sampai pada buah bagian atas tersebut.

3.( Kondisi saat ini, pengamatan tanggal 12 Sep 12).

4.( Usia tanaman sekitar 4.5 bulan…,buah tomat dan cabe,ukurannya  besar-besar)

5.(Aliran pupuk tentunya dari buah bawah mengalir ke buah atas, kalau melihat kondisi buah,seukuran ini,bisa ditebak ukuran buah bagian bawahnya).

6.(Tanaman cabe dan tomat yang dikelola oleh bp. Tata Supita, kamojang yang nota bene bukan petani tulen, dan baru pertama kali,bercocok tanam cabe dan tomat,ternyata berhasil menjadi “DRIVER” yang gesit,dalam mengatur  “GAS- REM- KOPLING”.)

7.( Tehnik kimia,pengamatan bulan Mei 12,kondisi awal tanaman.)

Memang tehnik berbasis pertanian organik,kembanglangit ini,sebenarnya tidak sulit,hanya  akan lebih mudah dipahami kalau dijalankan sambil ber”PRAKTEK”.  Ibaratnya kalau seseorang belum bisa mengendarai kendaraan tidak mungkin,diceritakan teori-teorinya saja,sudah semestinya sambil kejalan raya atau ketanah lapang untuk  memegang kendaraan mengendarai  langsung.

8.( Tehnik kimia murni, 3.5 bulan kemudian…riwayatmu kini…).

9.( Tehnik kimia,dari sudut yang sama dengan gambar 8,diatas…Sayang tanaman terkena musibah “Accident/kecelakaan” ….).

Maksud hati ingin cepat berbuah dan buah berukuran besar,namun karena kurang hati-hati dalam mengatur “GAS dan REM” akibatnya….’MASUK JURANG’.

Namun terkadang petani yang sudah berpengalaman/jago tani…mana mungkin mau menerima masukan dari “driver ‘” yang baru belajar  ” mengemudi”….