15 April 2019

Penerapan Metode, hendaknya tidak setengah hati.

Secara konsisten, kami  terus melanjutkan pemantauan  perkembangan tanaman mitra baik yang ada dalam website maupun yang tidak kami tampilkan hal ini bentuk dari tanggung jawab dan pelayanan klinik kami bagi  mitra mitra  kpo dari manapun yang membutuhkannya. Termasuk kelanjutan dari perkembangan tanaman terong mitra kami dari Rokan Hilir, Riau, sdr. Refi yang saat ini tanamannya sudah berusia menjelang 4 bulan.

 Mitra kami ini telah panen 21 kali dan rata rata hasil per batangnya sudah mencapai 3 kg lebih. Hasil yang sudah cukup memuaskan disaat komoditas lainnya  yang saat ini sedang, ‘ngedrop’. Dengan senang hati kami melayani mitra yang merupakan bentuk tanggung jawab kami, tanpa meminta imbalan sepeser pun. Hal ini pun merupakan bentuk solusi yang selama ini, kita sering  gaungkan,perihal solusi pertanian masa depan.

(Tanaman pak Refi, kondisinya masih banyak potensi bunga nya)

Kami memberikan pendampingan bukan berarti juga kami merasa lebih tahu perihal pertanian ini, apalagi bermaksud menggurui petani, hanya kami ingin berbagi saja tukar pengalaman, tukar ilmu dan wawasan. Selain itu khususnya dalam penerapan metode yang kami kembangkan ini, kami merasa bertanggung jawab memberikan penjelasan secara detail perihal cara menerapkannya.

Dan….kami bersyukur karena hampir setiap waktu ada terus penambahan mitra mitra yang merasakan betul manfaatnya, bagaimana hasil dari menerapkan metode yang menjadikan bertani itu lebih mudah dan simpel, praktis tidak  mahal pula . Seperti halnya pun mitra kami pak Refi ini dengan harga terong putih didaerahnya yang dirata rata harga 4000 rupiah per kg nya, jelas sudah untung besar dan sudah kembali modal sejak awal awal  masa panen.

Memang benar apa kata orang bijak, kalau belajar itu mesti sungguh sungguh dan jangan setengah hati, karena disitu maka keberkahan ilmu  dan rezekiakan datang, terkecuali yang ingin hanya sekedar ingin MENCuRI ilmunya, bukan dengan niatan MENCaRI ilmunya, akibatnya belajarnya setengah setengah sambil ” mengintip intip”. Memakai produk kpo setengah hati, setengan jalan  tetapi tidak dengan metodenya, atau bisa juga sebaliknya.

Memang tidak mudah melayani mitra dari berbagai daerah, tetapi semoga saja kami  dari tim KPO KL,diberi keikhlasan dalam semangat membangun pertanian kita bersama .  Kami sangat berharap pula bagi mitra yang sudah berhasil agar  dengan keihlasan pula mau berbagi pada petani lainnya agar kita secara bersama sama berkesempatan berbuat walau sedikit pada yang lainnya.

Tidak mudah memang mencari teman atau mitra yang sepemahaman satu idealisme , yang rela berbagi ilmu dan pengalamannya pada petani lainnya. Semoga saja makin banyak mitra lainnya dari hari ke hari  yang berhasil seperti mitra kami dari Rokan Hilir, Riau ini.

Metode kami yang memprioritaskan  konsep, bertani untung dengan secepatnya kita bisa kembali modal melalui penekanan biaya produksi  dan  meningkatkan produktifitas pertanian  tetapi dengan prinsip mengedepankan tehnologi yang ramah lingkungan. Semoga makin banyak mitra yang berhasil dengan metode kpo KL ini.