24 Januari 2019

Pemilihan Varietas tanaman yang Tepat

Sudah menjadi kebiasaan petani untuk memilih dan menentukan jenis bibit  sebelum tanam, memang wajar dilakukan. Pertimbangannya, salah pilih bibit maka resiko berbudidaya sudah terasa sejak awal. ( Lokasi penerapan Bp. Rizal Sumedang Jawa Barat, dengan bibit  dari Sumatera Barat yang tidak diketahui  jenis /varietasnya ). ( Tanggal 22 Januari 2019)

Untuk milihan varietas tanaman  ada  beberapa hal yang perlu diperhitungkan  antara lain adalah :
Jenis varietas berdasarkan  permintaan pasar  yang paling dominan, hal ini biasanya ditentukan oleh ukuran buah, tampilannya, grade rasa dan warna buah dll.

Memilih varietas yang diketahui Produktivitas tinggi sudah menjadi rumus baku bagi petani sebelum, menentukan  pilihannya. Hal ini biasanya di ketahui melalui pengamatan dan informasi dari sesama petani.

 Sering pula kita dengar istilah dari petani , bahwa varietas ini, tahan layu atau tidak tahan patek  sebagainya, hal ini di tentukan oleh daya Tahan varietas tersebut terhadap serangan organisme pengganggu tumbuhan

 Daya adaptasi dari suatu varietas juga menentukan produktivitasnya. Sebab apabila tidak   Cocok ditanam pada kondisi ekosistem setempat, yang terjadi adalah penurunan kuantitas dan kualitas produksi.

Tetapi dalam konsep dan praktek yang sudah kami jalani sampai saat ini, kami mencoba untuk keluar dari pakem yang berlaku, bahkan sering kami menggunakan suatu bibit yang belum ‘ternama’, mencoba adaptasikan varietas dari ekosistem dataran tinggi untuk ditanam di dataran rendah. Intinya, varietas apa saja silahkan di gunakan, sebab kami baik sangka saja , suatu varietas diluncurkan ke Masyarakat sudah melalui penelitian dan uji kesesuaian lokasi yang panjang. Kita tinggal tanam, menggunakan pola KPO_KL. Semoga berhasil mitra dengan Jenis Varietas apapun.