22 Oktober 2012

PELATIHAN PERTANIAN ORGANIK ala KLINIKTANIORGANIK,GELOMBANG III,

 Pelatihan pertanian berbasis organik ala kembang langit, GELOMBANG III ,telah kami laksanakan pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2012.

Ada yang agak lain,dari kegiatan yang kami laksanakan pada acara pelatihan kali ini.

Pada kesempatan ini, peserta bervariasi ,ada yang latar belakang Mahasiswa,pegawai bahkan berlatar belakang pemilik  KIOS /TOKO PERTANIAN(Bp. Popo Wahyudi, dari Gunung Cupu,Pangalengan- Bandung dan Bp. Fahmi Lampung Tengah ).

Pada kesempatan ini,kami kedatangan peserta pelatihan dari,Mahasiswa UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ,JURUSAN AGROTEK ,BANDUNG- Jabar.

Peserta pelatihan dari Mahasiswa Jurusan  Agrotek,UIN,semester 5. Sdr Disa, Anita,Erwin,Ekajaya,Yosi dan Irfan

Kami menyebutkan agak lain,pada pelatihan kali ini,karena kami kedatangan peserta pelatihan yang berasal dari Luar pulau Jawa,yaitu dari Lampung (Sdr. Fahmi, Sdr.Saptoni dan Sdr. Mahmud) .  Selain itu,kami kedatangan tamu,peserta latihan yang berlatar belakang, pemilik kios pertanian ( 2 Orang Peserta). Kami anggap “unik” karena,secara logika,mestinya dengan ketersedian segala macam pupuk dan pestisida, mestinya …kecil kemungkinannya untuk gagal dalam berbudidaya tanaman.

Selain dari Lampung kami  kedatangan tamu dari Semarang- Jateng ( BP. Kis Gantoro).

Pada pelatihan GELOMBANG III  ini,lebih istimewa lagi karena dihadiri oleh Bp. Tata Supita (yang mengikuti pelatihan  bersama Bp. Wawan,dari Kamojang – Jabar) yang gambar perkembangan tanamannya kami UP DATE sejak bulan MEI 12 hingga saat ini.Tampak Bp. Tata Supita (Bp. Upit,duduk kedua dari kiri). Oleh karena itu,pada kesempatan kali ini peserta  tidak melakukan kunjungan lapang,karena sudah merasa cukup dengan bertukar pengalaman secara langsung dengan Bp. Tata Supita.

Ada catatan kecil yang menarik kami ulas  dari acara pelatihan GELOMBANG III ini,yaitu,  Bapak Upit yang belum banyak tahu mengenai tehnik-tehnik pertanian ternyata sukses dalam berbudidaya tanaman. Bapak Upit mengikuti pelatihan kali ini karena ingin secara mendalam mengetahui,perihal tehnik pertanian organik ala kembang langit.  Selama ini, Bapak Upit hanya mengikuti saja arahan dan saran yang kami berikan,tanpa mengetahui dasar/alasannya,mengapa suatu pupuk dan pestisida diberikan,ternyata …hasilnya sangat disyukuri. Sedangkan teman-teman lainnya yang banyak mengetahui tentang pupuk dan pestisida,bahkan pemilik kios/toko pertanian,hasilnya belum menggembirakan.

Alasannya sederhana…kata sdr. Saptoni,: “Kalau sudah berhasil dengan tehnik yang telah dilakukan selama ini ,mungkin tidak akan datang ke pelatihan dan tidak akan  “kenal” dengan kliniktaniorganik…”
Semoga dengan pelatihan ini,kita bisa secara bersama-sama,bisa saling mengisi ,bertukar ilmu,pengetahuan , pengalaman dan hubungan silaturahmi tetap terjalin…

SUKSES  BERSAMA !!!