11 November 2013

Pelatihan Pertanian Berbasis Organik Gelombang XIV Bagian I

Pelatihan pertanian organik yang diselenggarakan pada bulan November 13 kali ini, terasa sangat istimewa, karena  selain dihadiri mitra kami dari kalangan petani “murni” juga dihadiri oleh kalangan akademisi ,LSM, PPL ,Pegawai Negeri dan juga pegawai swasta.

1

Bapak Dirut Kembang Langit, sedang memberikan sambutannya pada acara pelatihan pertanian berbasis organik di Garut, yang berlangsung pada tanggal 8-9 November 2013.

2

Peserta kali ini, datang dari berbagai daerah dipulau Jawa dan juga dari luar Jawa.

3

Peserta kali ini, datang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Flores-NTT dan Jambi.

4

Peserta dari Jawa Barat berasal dari Garut, Samarang ( H. Asep Supriatna), Banyuresmi (Usep Saepullah) dan Cibatu (Raharjo Wibowo, Anggi, Asep, Kusnadiwijaya), Kelompok dari Cibatu ini, adalah merupakan  “utusan” dari H. Haris yang telah  mengikuti pelatihan pada Gelombang yang lalu. Sedangkan  Dari Bandung  hadir  yaitu Bp. Aman Hernawan,

 dan Rizkal Dicky).

5

Merupakan kehormatan bagi kami, karena saudara-saudara kami dari daerah yang sangat jauh datang pula ketempat kami yaitu yang berasal dari Flores- NTT (Bp.  Robert Nufninu, Ny. Theodera Owa, Ny. Florida Euphrasia, Bp. Optatianus Ndena,Bp. Jeffry Nicodemus, Bp. Godlief E. Nggadas, Bp. Beda B. Bonefasius dan Bp. Agustinus Ambone)

6

Peserta terdekat (dari Garut) yang hadir pula pada  acara ini.

7

Kebaragam suku bersatu diKlinik Pertanian Organik, Kembang Langit.

8

Dalam kesempatan ini, kami kedatangan tamu “istimewa”  Kalimantan yang terdiri dari Staf- staf  Pengajar Politehnik Pertanian Samarinda -Kaltim ( Ir. Budi Winarni, MSi, Riama Rita Manullang, SP, MP,Yuanita, SP, MP, F. Silvi Dwi Mentari, SHut, MP, Rusmini, SP, MP, Daryono SP, Ir. Taman Alex, MP)

9

Salut untuk LSM Plan Indonesia yang dipimpin oleh sdr. Robert Nufninu, yang ikut peduli untuk membawa dan mendorong rekan-rekannya  yang terdiri dari PPL- PPL di Kecamatan yang berada di NTT.

10

 Sedangkan dari Jawa Tengah pada kesempatan ini, datang dari Solo ( Sdr. Eba Muttaqin),  Trenggalek, Jawa Timur (Bp. Citro Priyantoro dan Bp. Mulyono)  Sedangkan dari Jambi datang dari Kerinci , Sdr. Sadam Supratomo . Sdr. Sadam ini, hadir ke tempat kami karena didorong oleh keberhasilan dari keluarganya yang telah lebih dahulu berhasil dengan tehnik pertanian berbasis organik ala Kembang Langit ini.

11

Sambutan dari Bp. Ir. Taman Alex MP , antara lain , mengatakan ketertarikan beliau  dalam kegiatan pertanian berbasis organik yang ramah lingkungan dan berharap metode  klinik pertanian organik ini, bisa diterapkan di lahan kampus sebagai lahan percobaan.

12

Sambutan dari Bp. Bone ( Flores- NTT), memotivasi kami untuk terus maju dengan konsep yang saat ini, telah dilakukan oleh kembang langit. Beliau pun menyadur perkataan bahwa “Diatas Langit ada Kembang Langit”.

13

Sambutan juga diberikan oleh Bp. Aman ( berkaos putih ) yang walaupun berlatar belakang sebagai Pelaut, tetapi sangat bersemangat bisa berhasil bertani dengan pola pertanian berbasis organik ini.  Selain itu sambutan dari Bp. H. Asep ( Berbatik merah) yang tertarik untuk bertani karena ” tarikan batin  ” H. Asep ini, sebenarnya  termasuk pejabat di Dinas Pendidikan Jawa Barat tetapi kerinduannya untuk bertani karena “semangat” ini berasal dari warisan orang tua beliau  yang  berlatar belakang  sebagai Tentara  tetapi sekaligus sebagai petani.

14

Sambutan Perwakilan dari Garut, diberikan oleh Bp. Raharjo Wibowo yang berlatar belakang pendidikan bukan dari pertanian tetapi dari Ekonomi dan Administrasi Pendidikan. Bp. Bowo, hadir disini sebagai utusan khusus orang tua beliau yang telah mengikuti pelatihan dan sedang menerapkan tehnik ala Kembang Langit dan telah merasakan manfaatnya.

 Semoga berhasil saudara-saudara kami, dan kami berharap tehnik ini bisa disebar luaskan di daerahnya masing-masing.