28 Desember 2013

PELATIHAN PERTANIAN BERBASIS ORGANIK GELOMBANG KE XV

Pelatihan berbasis organik yang kami selanggarakan kali ini, pada akhir bulan Desember 13,  diikuti oleh peserta peserta dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

1

Peserta kali ini diikuti yaitu 1. Bp. Irwan dari Palmerah-Jakarta Barat ( berkaos putih), Bp. Mahzum HS ( Berkemeja Kuning) dari  Depok Timur,  dan  Bp. Gunawan dari Buah Batu Bandung.

2

Pelatihan kali berbasis organik kali ini memang diikuti peserta yang tidak seperti biasanya ,hal ini dikarenakan akhir tahun dan musim -musim liburan .

3

Peserta lainnya Bp. Muslish, dari Ponpes Al Abi Pasir Ipis Gunung Mulya Tenjolaya-Bogor ( berkaos merah abu-abu) dan Bp. Hilman  berjaket putih -Biru  dari Cikoneng Ciamis).

4

Suasana yang rileks dan kekeluargaan kami   “ciptakan” dalam acara yang berlangsung hingga jam 10 malam ini.

5

Peserta pelatihan dilatarbelakangnya “saung” Kembang Langit.

6

Duduk belakang dari kanan ke kiri, Bp. Rusli Gunawan (KPO), Bp.Budi Suharto ( Grogol Selatan) Jakarta Selatan, Bp. Hilman (Ciamis-jabar), Bp. Mahdzum  (Depok Timur), Jauhar (KPO).

7

Jongkok Depan dari kiri ke kanan ( Bp. Irwan Palmerah-Jakbar),  yang rencananya bercocok tanam di kampung halamnnya di Pariaman -Sumbar, Bp. Muslikh ( yang aslinya bapak lulusan perikanan ini, dari Pekalongan), Sdr. Dicky / berbaju batik di tengah (KPO) , Bp. Gunawan dari Buah Batu Bandung Jabar, Sdr. Joko Martopo dari Mojogedang, Karanganyar-Solo, yang saat ini sedang mengembangkan pertanian di wilayah Garut.

8

Pada kesempatan ini kami  mengajak peserta pelatihan ke kebun percontohasn di Cibatu, yaitu di kebunnya Bp. H. Haris, untuk mengamati dan melihat langsung hasil aplikasi yang diterapkan berdasarkan metode klinikpertanianorganik ala kembang Langit.

9

Kami berharap acara pelatihan yang berlangsung singkat yaitu dari tanggal 20 dan 21 Desember 13, dapat mengubah pola pikir dan konsep pertanian dan kami berharap kelak bisa dikembangkan di wilayahnya masing-masing. Sukses bagi kita bersama .

Sukses Pertanian berbasis Organik !!!

.

.