23 April 2013

PELATIHAN GELOMBANG IX, MELEBIHI KUOTA

Puji syukur ke hadirat Ilahi, karena respon dan antusias petani -petani dan ‘calon’ petani terhadap konsep pertanian berbasis organik, yang KPO  persembahkan,kian hari kian diminati.  Hal ini ditunjukkan oleh makin banyaknya minat untuk mempelajari, tehnik pertanian organik  ala Kembang Langit ini.  Seperti halnya pada pelatihan Gelombang IX, kali ini.  Peserta yang datang dari Jauh dan dalam jumlah yang tidak bisa kami “bendung”.  Peserta kali ini, berjumlah 18 orang.  Dari jumlah  yang biasanya hanya 10 orang dari kuota kami.

1

Gambar 1 .A. Peserta Gelombang IX, pada saat berfose bersama.  Berdiri dari kiri-kanan :

Bp.. Riaditya D. Aryadi ( Balikpapan), Bp. Dadang Purwa Gelar (KTO) , Bp. Adi Nugroho (Surakarta), Bp. S. Jauhar (KPO), Bp.Frengky Handinata ( Dumai-Riau), Bp. Rusli Gunawan (KPO), Bp. Mariyo ( Bantul- Jogjakarta),Bp.  Chilmi Prawoto (Kediri), Bp. Ahmad Zaini (Paiton-Probolinggo) , Bp. Wan Ali Rahman ( Natuna), Bp. Tarmizi ( Natuna),Bp. Iyan Radiyana (Bandung), Bp. Alextrino ( Bekasi).

2

Gambar 1.B.( Jongkok, dari kiri ke kanan, Bp. Yunan Zaqi ( Jogja), Sdr. Arif Rahman ( Unsoed- Purwokerto), Bp. Nur S. Jatmiko ( Jogja),  Sdr. Eko Susanto ( Karang Anyar- Solo), Bp. Suhardiyana.)  Sebenarnya ada 3 peserta lagi yang tidak “nampang”, karena sudah pulang duluan, yaitu : Bp. Rahmat ( Bandung), Sdr. Hikmat  dan Sdr.  Agus R. ( Pameungpeuk- Garut selatan.)

3

Gambar 2. ( Kunjungan ke “lapang” langsung.   Jalan- jalan, di pematang sawah,   Ingat  seperti film-film  jaman perjuangan dulu.  Diiringi pekik ” MERDEKA “.)

4

Gambar 2.B. Dengan pematang yang sempit, menuju lokasi percontohan, benar-benar merupakan suatu bentuk perjuangan.

5

Gambar 2.C. Peserta mengamati langsung percontohan yang di kelola oleh Kang Dadang.

6

Gambar 2.D. (Bp. Sopandi sedang aplikasi pestisida organik  ala KPO, dilahan Kang Dadang, Cabe sudah 2 kali petikan.)

7

Gambar 2.E. ( Dengan kondisi yang “terus” tergenang  pada saat musim hujan seperti pada gambar diatas ini,  ada peserta pelatihan yang mengomentari, kang Dadang ini, termasuk petani yang  “NEKAD”.)

8

Gambar 2.E. ( Peserta pelatihan mengamati langsung, jadi  hasil aplikasi kami ,bukan “rekayasa”. Ada apa Bang Arya (peserta dari Balikpapan), sampai tertawa terbahak-bahak demikian? he he.)

9

Gambar 3.A. ( Pemaparan materi oleh, Bp. Rusli Gunawan (KPO) didalam ruangan.)

10

Gambar 3.B. ( Pemaparan materi oleh S. Jauhar (KPO) .)

Gambar 3.C. ( Dari berbagai daerah bertemu di KPO, JawaBarat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Pulau Sumatera dan Kalimantan bertemu dan bersilaturahmi sekaligus ajang berbagi pengalaman antara petani.)

11

Gambar 3.D. ( Pak Iyan, dengan seksama, menyimak pemaparan materi, atau lagi ngantuk Nih? he he.)

12

Gambar 3.E. ( Mas Ahmad Zaini, petani pemula yang sangat antusias mempelajari ilmu terapan pertanian organik ala KPO.)

13

Gambar 3.F. ( Peserta dari Pulau Sumatera, tepatnya dari  Natuna, Bp. Wan Ali, Bp. Tarmizi dan Bp. Frengky dari Dumai.   Kami  merasa  mendapat kehormatan besar , peserta dari Jauh yang mengunjungi klinik kami. Semoga berhasil  saudara-saudara kami dan dapat bermanfaat ilmunya.)