26 Agustus 2013

PANEN TOMAT DENGAN KUALITAS ‘SUPER’

Bagi anda yang sudah menggunakan tehnik pertanian berbasis organik ala KPO-KL, pernah merasakan betapa ‘padat dan berisinya’ kualitas buah yang diproduksi. Demikian pula yang dirasakan oleh mitra kami yang pada tanggal 22 Agustus yang lalu sedang panen .

1

Pekerja petik Mitra kami sedang mengangkut, produksi tomat yang menggunakan pestisida organik ala KPO-KL.

Beberapa tanaman ,bahkan roboh karena angin yang kencang dalam beberapa hari terakhir ini dan juga akibat tanaman “keberatan buah”.

3

Buah yang sebenarnya, sekalas varietas “permata”, ternyata ukurannya  “menjadi lebih besar”.

4

Kondisi menjelang pemetikan ke-3, buah tampak ada  “dimana-mana”, dari tangkai terbawah sampai tangkai keatas, dengan ukuran ‘ super’.

Dengan harga Rp. 7500 per kg nya, tentunya suatu kebahagian bagi petani Mitra dan juga kami sebagai “pendamping”  yang menggunakan tehnik berbasis insektisida organik ala KPO-KL.

5

Metode kpo-KL, ternyata berhasil meningkatkan kualitas buahnya.

6

Selain berukuran  lebih besar….

7

Tanaman tomat perlu di “sokong” bambu lebih banyak karena , “keberatan” .

8

Buah “ranum” yang siap panen. Dengan biaya produksi yang hanya sekitar Rp. 1500 per batangnya (dengan metode ala KTO-KL), tentunya hasil yang dicapai saat ini, sudah lebih dari cukup untuk “menutup” biaya yang dikeluarkan.

9

Mitra kami sedang mengemas kedalam peti”kas” tomat dengan senang hati, karena harga buah tomat yang sedang “baik”. Hasil yang didapat mencapai 43 “kas”/kotak peti kayu.

10

Semoga panen berikutnya, kualitas makin meningkat dan bobot dan harga juga makin “bersahabat” , wahai sahabat kami.