4 Juli 2019

Mengendalikan hama Thrips dan Tungau Pada cabe berumur tua

 Saat ini memasuki bulan Juli harga komoditas cabe sangat bagus dan menguntungkan bagi petani oleh karena itu tanaman diusahakan agar masih dapat untuk terus berproduksi. Seperti halnya nya mitra kami Bp.  Aspan Pane dari Tapanuli Selatan,  memelihara tanamannya Yang sudah tergolong tua untuk periode memasuki masa petik  ke dua.

Gambar diatas mitra senior kami bp.  Aspan Pane disela sela tanamannya musim lalu. Mitra termasuk sudah cukup lama bergabung dengan kpo KL dan hasilnya,  tidak diragukan lagi.

Pada musim saat ini mitra berusaha memelihara tanamannya yang sudah berumur 183 hari agar terhindar dari hama dan Penyakit yang berpotensi menghambat perkembangan untuk memasuki tahapan pembuahan periode kedua.Harga per tanggal 3 Juli ini mencapai 55 ribu per kg nya.  Dari 3000 an batang saat ini sudah mencapai rata rata 0.9 kg per batangnya.

Pada bulan Juni 19 lalu, tanaman sempat terkena hama thrips dan tungau yang meresahkan.  Ada hal yang unik yang kami diskusikan bersama mitra ini yaitu sempat hama tersebut bandel dari perlakuan yang diberikan. Sehingga cukup meresahkan disaat harga sedang mahal mahalnya (Harga rata rata dari awal petik s.d saat ini dikisaran 37 rb per kg nya).

Solusi yang dilakukan Mitra sebelumnya dengan  menambahkan  jumlah jenis insektisida kimia menjadi 4 macam plus Protektan dan Pesnator,  bahkan dosis dari insektisida kimianya  sudah ditinggikan pula. Hasilnya ternyata  kurang memuaskan hama thrips masih betah bersarang di kelopak bunga, apalagi pada saat ini musim kurang air / hujan makin memacu pertumbuhan hama tersebut.

Tetapi setelah kami berdiskusi,  kami  memberikan saran agar jumlah jenis insektisida kimianya jumlahnya diturunkan menjadi 2 macam saja plus Protektan dan Pesnator yang ditinggikan dosisnya. Hasilnya bp.  Aspan Saat ini sudah dapat tersenyum lagi karena saat ini tanamannya kembali sehat dan makin produktif  menjelang pemetikan di Periode Ke dua nanti. Semoga makin  bertambah hasil pertaniannya mitra kami, bersama kpo KL.