11 Januari 2021

Mitra senior semakin MERASAKAN KEMITRAAN bersama kpo

Di bulan bulan basah di akhir bulan Desember dan di bulan Januari 2021 sebenarnya bisa menjadi bulan bulan berkah bagi petani petani tertentu .Bagaiamana tidak dibulan bulan tersebut harga melambung tinggi.

Seperti halnya mitra kami dari Perbatasan Tapanuli Utara dan Selatan ( dengan Varietas Hybridanya) yang pada saat saat suplay hasil kepasaran yang minim tetapi mitra senior KPO ini berhasil menjadi petani pensuplay. Intensitas curah hujan yang nyaris hampir setiap hari terkadang menyulitkan petani untuk melakukan aplikasi semprotan.

Sementara itu mitra senior lainnya di Tapanuli Selatan(dengan varietas lokalnya) kondisi tanamannya sudah pula memasuki masa pemetikan/ panen awal. Secara umum musim hujan yang intensitas nya tinggi mudah sekali menyebabkan buah mengalami busuk demikian pula busuk batang dan kelayuan.

Selain itu rontok bunga, lalat buah tidak kalah hebat dampaknya . Hal ini yang menyebabkan demand tidak seimbang dengan suplay dari petani petani pemasok di daerah. Apalagi petani petani yang latah ikut ikutan bertanam cabe pada musim seperti saat ini, bisa modalnya tidak mampu ‘balik modal’.

Tetapi sebaliknya petani petani senior di dunia percabaian adalakalanya justru memilih waktu waktu tanam di bulan bulan basah ini, dengan kehatihatian, wawasan pengalaman yang cukup dan pemilihan produk pendukung yang sudah di rasakan manfaatkan dari MT ke MT (musim tanam) sebelumnya.

Semoga saja petani petani di negeri tercinta ini bisa menjadi petani tangguh yang bisa mensuplay komoditas cabai dan lainnya secara kemandirian tanpa perlu lagi mengandalkan produk komoditas dari luar. .

Ayo kita bersama sama kita belajar untuk semakin memahami keinginan tanaman, sesuai dengan fase umur tanaman dan juga mempelajari problematika yang sering menerpa tanaman dengan tidak hanya mengandalkan pengobatan semata. Sukses semua petani Indonesia 🇮🇩 .