29 September 2014

MENGENDALIKAN PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG PADA BUNGA KOL

Secara ‘marathon” kami terus memantau perkembangan tanaman mitra kami dari Kalimantan selatan, setelah di musim tanam lalu, berhasil memeperoleh hasil yang memuaskan, kali ini, mitra kami ini kembali menanam bunga kol, dilokasi bekas tanaman yang sama di musim lalu..

brokoli d

Seperti yang pernah kami perlihatkan hasil dari bunga kol yang didapat ukurannya,  ‘besar besar” untuk ukuran setempat. Walaupun mitra kami ini baru pertama kali tanam bunga kol.

brokoli 36 hari 2

Kami memperoleh gambar tanaman pada tanggal 28 Sep 14, hasilnya seperti tampak diatas ini, usia tanaman baru menginjak 36 hari, peetumbuhan cukup merata..

brokoli 36 hari

 Apalagi kalau kita “ZOOM”/ foto dekat, kondisi tanaman seperti terlihat dalam gambar.

Adapun perlakuan yang kami berikan untuk mengatasi penyakit “BUSUK PANGKAL BATANG ” ini adalah, dengan memberikan POCANIL sedari awal, selain itu tetap memperhatikan asupan pupuk yang diberikan jangan sampai kelebihan pupuk, terutama pupuk KIMIA.

Kami berharap semoga hasil yang dicapai oleh mitra kami di Barabai ini, bisa lebih baik lagi dibandingkan hasil di musim tanam yang lalu , dan juga perihal penyakit tersebut yang biasanya muncul pada saat saat pembentukan crop, dapat teratasi.