Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

Layu Fusarium dan tehnik pengendaliannya

Banyak cara yang petani lakukan untuk menanggulangi penyakit layu khususnya layu yang disebabkan oleh cendawan atau jamur Fusarium. Ada yang menggunakan cara kimia Ada pula yang secara technics mechanic atau ada pula yang menggunakan cara melawan cendawan Fusarium dengan menggunakan cendawan antagonis.

 Hal yang lazim dilakukan oleh petani untuk mengendalikan layu fusarium ini antara lain adalah dengan pengecoran fungisida.

 .

Secara teknis mekanis, biasanya berupa, petani melakukan pemadatan tanah dengan cara menginjak-injak tanah di sekitar areal perakaran yang terdapat gejala-gejala kelayuan.

 Sedangkan cara  Klinik Pertanian Organik Kembang Langit lakukan agak berbeda yaitu dengan menggunakan tehnik tersendiri untuk  menekan pertumbuhan cendawan fusarium sebagai lawan atau antagonisnya.  Pengaplikasiannya terdapat pada CAS dan Freshtan , yang di kocorkan hanya dengan 5- 10 sendok /tutup per 200 liter airnya.

Hasilnya sebagaimana yang kita lihat pada perkembangan tanaman mitra kami Mas Syafak dari Samarinda, Kalimantan Timur ini. Tanaman yang ditanam pada daerah Marjinal daerah yang kurang Subur ,tanah Podsolik Merah Kuning, Di mana  tanahnya banyak kekurangan unsur Hara nya dan cenderung bersifat masam tetapi tampak bahwa pertumbuhan tanaman tetap sehat dan terhindar dari layu fusarium.

 Tanaman yang per tanggal 22 Januari 2019 saat ini berusia 75 hari. walaupun tanah cenderung masam yang Biasanya berkorelasi dengan berkembangbiak nya cendawan penyebab layu fusarium tetapi dengan metode yang kami kembangkan ini tanaman secara keseluruhan bisa dikatakan Aman dari layu fusarium.Walaupun ada yang layu tetapi masih dalam taraf wajar karena jumlahnya sangat minim istilah kami (hanya 1-2 batang  saja).

 Sarankan pada saat menggunakan CAS dan Freshtan untuk tidak mengaplikasikannya dengan Bakterisida, jenis apapun. selain itu silahkan sedangkan Penggunaan Fungisida atau insektisida secara bersamaan  dengan CAS dan Freshtan tidak apa apa.

Semoga saja tanaman mitra kami ini , mas Syafak terus bertahan dan sehat terhindar dari berbagai hama dan penyakit sampai musim tanam berakhir. Pengelolaan tanaman menjadi lebih simpel, sehat terhindar dari penyakit layu fusarium dan subur buahnya terlihat lebat.  (Silahkna di simak link terkait dibawah ini.)

https://youtu.be/8DbfmqjemBc