18 Januari 2012

LALAT BUAH

Lalat buah pada tanaman cabe,memang menjadi salah satu hama penting, hal ini disebabkan apabila datang suatu serangan efeknya bisa merusak 80-90 % buah sehingga petani gagal panen. Hal ini
tidak bisa dianggap sepele, karena pada umumnya setiap cabe membesar dan memerah, ternyata eh ternyata….buah sudah terisi telur dan kemudian menetas jadi larva /ulat.
( Ada baiknya kita sambil memaparkan perihal hama lalat buah ini, morfologi beserta pengendaliannya ,kita juga tampilkan hasil penerapan mitra  kami dari daerah Singaparna Tasikmalaya- sebagai sentra cabe  HIJAU besar )
Hal yang membuat resah petani adalah,hingga saat ini hama lalat buah ini terkenal ‘bandel’ karena hinggsa saat ini belum ada INSEKTISIDA  yang berbahan aktif  sumber  kimia ataupun bersumber dari bahan  alami yang dapat MEMATIKAN, baik MEMATIKAN  fase IMAGO (serangga dewasa),maupun MEMATIKAN fase ulat/larvanya .
Petani biasanya “kecolongan” karena secara  tiba-tiba buah cabenya  yang siap panen ternyata sudah berlubang dan secara otomatis,buahnya sudah tidak laku lagi dipasaran.
(Saatnya penen…., Buah aman dari lalat buah)
Lalat buah biasanya menusuk buah dengan alat peletak telur dan menembus kulit buah kemudian meletakkan telurnya.  Masa/ periode telur sekitar,1-20 hari.
Larva (ulat) berwarna putih ke kuningan memakan/merusak daging buah cabe dan di ikuti biasanya dengan masuknya bakteri dan jamur sehingga buah cabai mengalami pembusukan . Buah yang telah terserang akan rontok dan jatuh di tanah.
Masa / Periode ulat itu sendiri kisaran  6-35 hari, selanjutnya larva (ulat) akan jatuh ke tanah dan masuk pada periode pupa/kepompong (10-12 hari) kemudian menjelma menjedi Imago (Serangga Dewasa).  Dalam fase dewasa ini, berdasarkan penelitian  Imago dapat bermigrasi /berpindah tempat sejauh 5-100 km ( ck ck ck … bisa kita bayangkan betapa jauhnya daya jelajah dari hama ini)
Setelah panen, persiapan kembali dalam pengendalian hama dan penyakit tanamannya termasuk antisipasi lalat buahnya.
Suburnya tanaman cabe dan tunas-tunas tanaman terus berkembang.
Hal yang kami lakukan, untuk mengatasi Lalat buah ini  adalah dengan menyemprotkan PESNATOR dan PROTEKTAN . Dalam hal ini PROTEKTAN dan PROTEK-tan berfungsi sebagai insektisida untuk “menolak”, hinggapnya hama LALAT BUAH .
Hasilnya seperti tampak pada foto diatas,  tanaman  dan buah cabe sehat dan aman. Pola pengecoran pun kami atur betul,pemberian pupuk PROTEK-tan ,PUPUK CAS  dan POCANIL yang akan bersinergi dengan PESNATOR dari aplikasi “atas”.
.
Jadi Langkah  untuk mengendalikan hama LALAT BUAH ini adalah dengan penyemprotan  PESNATOR  dan PROTEKTAN yang cara kerjanya,mengkondisikan agar LALAT BAUH tidak senang dan tidak mau makan/ANTIFEEDEN  dan tidak pula mau meletakkan TELURNYA. Hal ini dianggap penting karena pada umumnya LALAT BUAH tidak mati apabila disemprot insektisida kimia,jadi langkah yang diambil adalah membuat LALAT BUAH ,tidak mau hinggap makan dan tidak mau meletakkan telurnya pada tanaman /buah cabe.