3 Maret 2014

MENGENDALIKAN HAMA WALANG SANGIT DAN BURUNG

Berikut ini, adalah hasil lanjutan aplikasi kami dari Pidie Aceh.  Lokasi ini, telah dilakukan uji terap yang kedua kalinya (dua musim tanam).

IMG-20140302-WA000Usia tanaman hingga saat ini, sekitar 75 harian, kondisi tanaman , sudah bernas sekitar 70 persenan.IMG-20140302-WA003Pengisian bulir secara cepat  terus kami upayakan bersama-sama dengan mitra kami di Aceh ini.

IMG-20140302-WA001Tampak bulirnya mulai merunduk dan memadat.  Ada satu fenomena yang kami ambil dengan mempercepat pengisian bulir ini, hubungannya dengan pengendalian hama terutama hama walang sangit dan burung.

IMG-20140302-WA002Dengan aplikasi / perlakuan ala Klinik pertanian Organik  ala Kembang  Langit ini, pengendalian hama  walang sangit dan burung bisa lebih cepat teratasi.

IMG-20140302-WA004Cara yang kami lakukan adalah dengan sesegera mungkin, mengupayakan agar bulir padi CEPAT MEMADAT dan MERUNDUK, hasilnya  ternyata , bisa sebagai berikut :

1. Dengan pengisian bulir dengan cepat memadat, ternyata hama WALANG SANGIT, kesulitan mengisap CAIRAN  yang ada pada isi BULIR PADI, karena bulir sudah “terlanjur” MEMADAT.

2.Dengan mempercepat, “PEMADATAN’, bulir dan MERUNDUKNYA bulir padi menyebabkan, yang tampak dari  “atas” hanyalah daun daun tanaman padi sedangkan BULIR nya, tidak tampak dari atas.  Hal ini, tentunya akan “mengelabui” burung yang akan mematuk bulir padi.

3. Secara tidak langsung,upaya untuk meningkatkan kualitas bulir padi, ternyata bisa juga menanggulangi bulir padi, dari serangan WALANG SANGIT dan BURUNG, tanpa perlu  menggunakan pestisida khusus, yang kami gunakan  Protek-tan , Pesnator, Biopestis, Pocanil, CAS dan  PORMIK.