12 Oktober 2019

Mengendalikan Gulma padi ,tanpa herbisida

Ada hal yang baru dan unik pada pengamatan kami yang dilakukan pada tanggal 7 Okt 2019 di Cilamaya wetan pada kali ini, yaitu lahan Bp. Satori hingga saat ini pertumbuhan rumputnya terus dapat ditekan walaupun tanpa Herbisida sama sekali. Pada beberapa penerapan yang dilakukan mitra dari Aceh dan Jawa Timur, cara pengendalian gulma cara KPO KL ini sudah terbukti dan kali ini kami secara langsung, mencoba menerapkannya bersama mitra mitra kami di Cilamaya Wetan, Karawang Jawa Barat.

Usia tanaman padi Varietas Mekonga nya, saat ini berusia 30 harian dan belum tersentuh obat rumput ‘setetes ‘ pun. Aplikasi cara KPO KL hingga saat ini yang dilakukan oleh Bp. Satori sudah 6 kali artinya setara dengan 5 hari sekali. Memang agak rapat bila dibandingkan dengan mitra mitra yang lainnya yang pada saat ini juga ikut kemitraan CSR Pertamina Gas dan KPO KL.

Adapun kompensasi dari kerapatan dari aplikasi tersebut adalah anakan jadi lebih cepat tumbuh sudah diatas rataan 40 anakan per rumpunnya. Cukup cepat dibandingkan dengan seusianya yang lain. Hal lain yang kami amati yaitu tanaman memiliki tingkat ketahanan yang lebih sehingga tanaman padi bp. Satori ini terlihat lebih kokoh dan aromanya tidak di sukai tikus.

Kami akan coba terus melakukan pengamatan terhadap reaksi dari penerapan PROTEKTAN , PESNATOR , BIOPESTIS DAN POCANIL dari atas ( aplikasi semprotan) yang diberikan komposisi tersebut sejak awal dan juga aplikasi Pupuk CAS yang diberikan bersama pupuk Kimia dosis yang lebih rendah . Rumput tidak tumbuh sama sekali. Adapun biaya yang di aplikasikan tetap murah dan hemat.

Tentunya hal ini harapan besar bagi petani karena akan memangkas biaya produksi yang tidak sedikit. Sebagaimana mana yang kita ketahui, biaya pemberian herbisida dan penyiangan pupuk merupakan salah satu variabel biaya produksi yang cukup besar. Selain itu antisipasi terhadap serangan hama tikus ( apalagi pada saat mewabah) biaya untuk mengendalikan hama tikus bisa sangat membengkak.

Tidak ada yang ekstrtim dalam pengendalian tikus dan gulma cara KPO KL ini. Aplikasinya sebagaimana yang kami paparkan diatas tersebut. Adapun penambahan insektisidanya kami berikan dua macam bahan aktif dan dosisnya pun hanya @ 1 sendok teh per tangki 17 liternya. Walaupun tanpa Fungsisida , tanaman terlihat aman dari bercak/kresek daun.