Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

MENGENDALIKAN CABE PATEK , PERLU KETENANGAN

Tanaman cabe memang menarik, fluktuasi harga yang tajam, terkadang rendah tetapi disaat lain harga tinggi ngak ke”tulungan”. Pada saat ini , di bulan Maret 2018 harga di berbagai daerah rata rata masih dikisaran 30-50 per kg nya, harga demikian tentunya sangat menggembirakan bagi petani cabe.

Tetapi dibalik harga yang tinggi tersebut, bagi kalangan rata rata petani merasakan “pahit getirnya” proses pemeliharaannya. Curah hujan yang relatif masih tinggi disebagian besar wilayah sentra sentra pertanaman cabe, menyebabkan tanaman lebih sulit untuk dirawat.

Kami tetap berharap mitra kami sebagaimana yang kami tampilkan gambarnya saat ini (yaitu sdr. Tatang), tetap “rileks” dan dapat merawat tanamannya dengan baik.

Tanaman mitra kami ini, saat ini menjelang petikan ke 3, dan kami bersyukur hingga saat ini, tanaman cabenya, terhindar dari penyakit tanaman cabe yang “mencetarkan” hati petani.

Kekhawatiran yang berlebih apalagi banyaknya masukan pendapat dari “kiri dan kanan ” yang sebenarnya makin membuat makin bimbang dalam menentukan langkah yang  pasti dan konsisten.

Visi yang kuat dan ketenangan disertai pengetahuan diperlukan dalam mengendalikan hama dan penyakit tanaman cabe ini, terlebih lagi biaya yang dikeluarkan untuk tanaman cabe ini tidaklah tergolong biaya rendah.

Oleh karenanya, kami sering memberikan motivasi agar mitra tersebut, tetap “panceg”kokoh dalam pendiriannya. Oleng apalagi ragu ragu dalam pengambilan langkah keputusan bisa berakibat fatal bagi tanaman.

Apalagi khususnya dalam pengendalian penyakit cabe patek/ antraknose,ini tidak boleh “meleng” sedikitpun. Salah ambil keputusan, bisa “tamat” perjalanannya.

Semoga saja tanaman cabe Pak Tatang ini, bisa selamat untuk seterusnya. Perjalanan masih panjang, harga pun di Pesisir Selatan Sumatera Barat , saat ini masih tinggi (kisaran 40-50 ribu per kg nya).

Aspek ” ketenangan” mental juga berperan dalam cara kita mengambil keputusan yang tepat, agar tanaman tetap aman dan sehat terhindar dari segala gangguan hama dan penyakit. Selamat berjuang mitra mitra KPO KL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *