27 Februari 2012

MENGATASI KERITING DAUN PADA CABE

Sudah lumrah penanganan masalah keriting daun adalah dengan menyemprotkan akarisida  dan  insektisida jenis lain,dengan menyemprotkan pada daun tanaman. Langkah inilah pada saat ini yang menjadi andalan petani apabila terjadi masalah akibat isapan  hama trips,tungau atau kutu kebul tersebut.

A.1.  Kami bersyukur,untuk kesekian kali kami membuktikan teori kami… tinggi tanaman cabe sudah  melewati tinggi dari pemiliknya ,kang ujang… Tutugan Leles , Garut, Jawa barat. Buahnya pun bisa anda perhatikan ,betapa lebatnya. Ini bukan rekayasa sama sekali,berkali-kali kami melakukan uji aplikasi baik oleh kami sendiri maupun oleh petani kami diluar Garut.

A.2. Mungkin anda bertanya,yang keriting diatas tetapi kenapa perlakuannya di prioritaskan dari dari bawah? Penjelasannya berikut  dibawah ini.

A.3. Hasil demikian bukan kita ambil,pada saat tanaman sudah besar begini,tanaman ini hasil pantauan kami sejak 3 bulan yang lalu .

A.4. Pengambilan gambar awal,tanggal 28 Desember 2011,usia 20 harian. Bisa anda perhatikan,latar belakang dari pengambilan gambar ini,tetap dilakukan pada lokasi yang sama.  Bagi anda yang berminat untuk melihat kondisi tanaman uji apliksa kami,silahkan untuk datang ke tempat kami,dan uji aplikasi kali ini kami lakukan di dekat kantor kami.  Tutugan- Leles, Garut.

A.5.  Buah yang lebat,tumbuh disetiap  tangkai/percabangan.  Bahkan tampak buah cabe sudah ada yang mulai memerah…,rupanya sebentar lagi panen…

A.6.  Selain buah cabe,buah tomat juga mulai membesar,bahkan buah tomatnya sudah panen.

A.7. Walaupun memang masih ada satu – dua ekor,hama trips yang hinggap pada daun cabe tetapi yang terpenting adalah cabe tidak terserang keriting daun.

A.8.  Kita kembali lagi,pada pokok pembahasan…Keriting daun ternyata tidak cukup hanya mengandalkan dari penyemprotan saja,ini jelas dan sudah sempat pada kesempatan yang lalu kita pernah membahasnya.  Jumlah dan populasi hama trips dan tungau pada satu permukaan daun saja apabila kita amati,bukan main banyaknya.

A.9. 

A.10.  

A.11. Kenapa hal ini sampai terjadi,mestinya ada yang salah dalam pola pupuk yang anda berikan.

A.12. Sebelum melanjutkan uraian,bagaimana penilaian anda dengan hasil buah cabe dan tomat diatas?