Sukses Bersama Klinik Pertanian Organik Kembang Langit, Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Kegiatan bersama Menakertrans di Leles-Garut More »

Kegiatan bersama bapak Dede Yusuf di Pangalengan-Bandung More »

Jajaran Komisaris Direksi, Staff, dan Rekan PT.Kembang Langit More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada tanaman Padi di Aceh More »

Kegiatan Pelatihan More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Keriting More »

Hasil Penerapan Teknik KPO Kembang Langit Pada Cabe Rawit More »

Hasil Aplikasi Mengatasi lalat buah di tanah karo-SUMUT More »

Pengiriman Barang, Kegiatan Pelatihan More »

 

CARA MUDAH MENGENDALIKAN BERCAK DAUN dan LAYU FUSARIUM

Selain busuk daun Phytopthora infestans,  penyakit bercak daun dan layu fusarium merupakan dua penyakit utama pada tanaman tomat. Tomat yang terkena bercak daun dari awal, biasanya sulit untuk membentuk buah yang ukurannya besar , apalagi pembentukan buah dibagian atas/ujung tanaman.

Untungnya, mitra kami mas Angga dari Poncokusumo Malang ini, berhasil mengatasinya hingga akhir masa panen  pada varietas Servo ini. Demikian juga untuk penyakit Layu yang diakibatkan oleh cendawan Fusarium solanacearum, dapat pula di kendalikan secara  berbasis organik KPO_KL.

Pola pemupukan dan penggunaan pestisida secara kolaborasi antara, Organik kpo-Kl dan kimia dosis rendah, telah berhasil diterapkan oleh mitra muda kami ini dengan tepat dan cermat. Dalam hal ini pola pendampingan yang kami lakukan adalah dengan cara berdiskusi dan mitra secara aktif memberikan gambaran perihal kondisi pertanamannya dari waktu ke waktu.

Keberhasilan mitra kami, hingga bisa mencapai rataan 3 kg up per batangnya, untuk  tingkatan pemula termasuk sudah sangat bagus, dan kami harapkan mitra tersebut kedepannya bisa melaksanakan pola ini lebih baik lagi. Dalam hal ini kami hanya sebagai pembuka jalan , untuk mengenal metode kpo-KL secara terperinci dan detail  yang dilakukan  sambil praktek.

Perlakuan demi perlakuan yang dijalani secara bersama sama, sambil kita mengenal pola KPO-KL secara terperinci, khusus dalam penerapan dalam menaggulangi bercak daun, yang kami prioritaskan adalah  dengan memberikan POCAniL secara intensif sejak usia 40 harian. Pemberian perlakuannya ditambahkan dengan fungisida kimia 0.3-0,5 gram per liter air yang dilakukan secara rotasi.

Sedangkan untuk mengendalikan Layu Fusarium yang kami andalkan adalah dengan pemberian , bahan Pendukung yaitu  CAS yang dikocorkan 5-7 sendok makan saja per drum 200 liter airnya. Hasil penerapan aplikasi ini ternyata efektif dalam menekan perkembangan penyakit layu Fusarium pada tanaman tomat servo nya mas Angga ini.

Investasi yang ditanamkan oleh mitra kami ini, sudah  terlewati karena selain produksi yang tinggi ditunjang oleh harga yang baik pula untuk wilayah Malang dan sekitarnya. Kami pun terus  memberikan ekstra pelayanan pasca menggunakan produk pendukung kami hingga mitra betul betul memahami metode dan cara kerjanya.

Dari hasil pencapaian hingga saat ini dikisaran 10 ton dari jumlah 3500 batang, dengan kondisi tanaman yang masih produktif, kami berharap mitra masih bisa panen untuk  menambah tonase dan pendapatannya. Kami berharap mitra kami memahami metode nya dan terpenting lagi , usaha taninya  tidak mengalami kerugian, malahan berharap keuntungan yang berlipat lipat.