21 November 2015

MEMULIHKAN KERITING DAUN PERLU KESABARAN

Kondisi tanaman yang keriting daun , memang menjadi kendala utama pertanaman cabai saat ini. Perlu kesabaran dalam.penanganannya karena proses pemulihannya bisa memerlukan waktu yang cukup panjang. Apalagi apabila keriting daunnya sudah ” parah ” seperti yang kita lihat pada artikel berikut ini.

27 agustus

Gambar 1.Tanggal 27 Agustus 2015. (Pengambilan gambar dari sudut tertentu didepan Gudang / ada Rooling doornya. Kondisi tanaman sangat “kacau” bahkan nyaris saja dicabut oleh mitra kami ini).

 Kami mencoba, kembali menganalisa sejauh mana perihal keriting daun pada cabe, bisa diusahakan agar pulih kembali. Contoh kejadian yang kami ambil adalah tanaman cabe dari Kabupaten, Pasuruan Jatim. (Seperti contoh pada tanaman diatas)

12 sep

Gambar 2.Tanggal 12 September 15.

Perlakuan berupa pemberian nutrisi sehat dan usaha mengendalikan hama pengisapnya kami coba atasi dengan insektisda Protektan Biopestis dan Pesnator. Setelah 15 hari dari kondisi awal tampak sudah ada perubahan secara berangsur.

29 sep

Gambar 3. 29 September 15. ( Satu bulan dari kondisi awal, gambar 1. Posisi dan sudut pengambilan tetap sama dengan posisi gambar 1.).

Pada saat pengamatan ini berlangsung sebagaimana kita rasakan dan alami bersama, kemarau sedang terjadi dimana mana. Tetapi walaupun demikian, kami mencoba memberi motivasi pada mitra kami di Nongkojajar ini, agar sabar dan terus berusaha agar tanaman bisa pulih dari penyakit keritingnya.

7 oktbr

Gambar 4. ( Kondisi tanaman pada tanggal 7 Oktober 15, mulai ada tampak tanaman menjadi lebih segar dan pulih dari keritingnya.)

7 oktb

Gambar 4. B.( 7 Oktober 15. Awalnya tanaman rawit ini sudah akan dicabut, istilah petani mitra kami di Pasuruan ini, “HIDUP SEGAN MATI NGAK GELEM”…, tapi saat ini setelah melalui proses yang panjang 2.5 bulan, kondisi sudah berangsur pulih dan bahkan sudah mulai Produktif.

7 nop

Gambar 5. A.(Kondisi pengambilan gambar tanggal  21.November 15, setalah kurang lebih tiga bulan dari pengamatan awal tanggal 29 Agustus 15, saat ini tanaman tampak semakin pulih, bahkan sudah panen untuk pertama kalinya.)

Memang perlu kesabaran dalam menghadapi penyakit KERITNG DAUN ini, karena waktu pemulihan tidak lah sebentar selain itu apabila salah dalam penanganannya, keriting daun bukannya pulih malahan bisa tambah parah.

7 nopb

Gambar 5. B.(Pengambilan gambar tanggal  21. November 15. Masih dari posisi yang sama dengan gambar 1).

Selain kesabaran hal penting lainnya adalah , RASA OPTIMIS, KETEPATAN cara, Waktu, dosis dan Jenis pestisida yang digunakan baik pestisida dan pupuk organiknya maupun yang kimianya.

Hasilnya kami sangat syukuri, tanaman rawit mitra kami tersebut saat ini tampak mulai berbuah lebat dan terhindar dari keriting daun lagi.