23 Maret 2020

Mempercepat pulihnya, keriting daun

Dampak fokus pada pemeliharaan tanaman bawang merah dimana pada fase fase akhir perawatan bawang memerlukan pola ‘rem’ yang dalam, hal ini menyebabkan tanaman cabe terdampak pula pola rem tersebut.

Tanaman cabe menjadi keriting dan agak mandeg pertumbuhannya hal ini tentunya rintangan yang perlu dihadapi. Kondisi daun yang mengeras dan kaku akibat perlakuan perlakuan untuk menjaga kualitas akhir pada tanaman bawang merah.

Kalau mengamati kondisi awal rata rata kondisi tanaman demikian memang membuat ‘menciut’ semangat untuk perawatan selanjutnya. Memang diperlukan ketenangan dan pengalaman tersendiri dalam menghadapi kondisi demikian.

Daun menyempit, tanaman kerdil dan ruas antar tangkai pendek pendek dan adanya beberapa bagian bunga tanaman yang rontok. Sikap pertama yang perlu diambil petani pada saat demikian adalah, tetap tenang dan tidak perlu panik. Rawat secara intensif disertai dengan tehnik tehnik yang tepat.

Seminggu kemudian dari perlakuan awal yang kondisinya memprihatinkan saat ini kondisi tanaman sudah menunjukkan kondisi yang lebih baik, proses pemulihan berangsur terjadi. Daun yang keriting saat ini sudah terlihat membuka dan melebar.

Buahnya pun mulai tampak panjang panjang percabangan antar ruas mulai tampak mekar dan meninggi. Adapun yang kami lakukan dalam kondisi demikian adalah dengan mencoba memacu pertumbuhan tanaman secara ekstra dan mengantisipasi hama hama yang mengganggunya, antara lain kutu daun.

Penyemprotan dan Pengecoran Protektan dan Biopestis kami naikkan dosisnya, selain itu kadar Nitrogen dari kimianya pun diperlukan untuk membantu mendorong laju yang lebih cepat . Dosis Protektan, Biopestis yang awalnya sekitar 2 sd 3 tutup dalam aplikasi kondisi tersebut kami naikkan jadi 3 sd 5 tutup per tangki 17liter air nya. Hasilnya tidak mengecewakan, proses penulihan keriting daun terjadi lebih cepat.

Per tanggal 22 Maret 2020, tanaman berangsur pulih dan perbaikan tampak merata . Dengan langkah sederhana ini, keriting pulih dan hama hama pengisap daun pun tertanggulangi. Memang diperlukan suatu langkah yang tidak rumit atau simpel agar petani bisa merasakan reaksi pemulihan yang cepat dari kondisi awal yang meresahkan akibat daun daun yang keriting tersebut.