13 Mei 2016

MENGHINDARI BUSUK BUAH PHYTOPHTHORA INFESTANS

Agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya tahun 2016 ini memang agak beda, pada pertengahan bulan mei yang biasanya sudah memasuku bulan bulan kering tetapi saat ini di wilayah SIPIROK TAPANULI SELATAN SUMATERA UTARA,justru masih banyak turun hujan, bahkan dalam seminggu bisa turun hingga 3 kali.

tomat 26

(Tomat Dari Tapanuli Selatan usia 26 hst.) Kami mencoba membahas tanaman tomat mitra kami dari wilayah sumatera utara ini,pada tanaman tomat varietas Tymoti dari Panah Merah.tomat

Pada tanggal 13 Mei 2016 ini Usia tanaman tomat bung Julpan pas berusia 40 hst.

tpmat 37 2

Pemantauan pada saat usia 37 hst, yang diambil gambarnya pada tanggal 10 Mei 2016. Pada saat curah hujan tinggi seperti saat ini, di wilayah Sipirok, metode Gas Rem Kopling yang biasa kami terapkan pada tanaman cabe, kami gunakan juga pada tanaman tomat jenis deferminate ini.

tomat 37

(usia 37 hst). Memang pada saat curah hujan yang masih tinggi ssperti saat ini, kami secara intens berkomunikasi dengan mitra kami dari daerah horti di Sumut ini, agar sebisa mungkin mengkondisikan tanaman tomatnya tetap sehat.

tomat1

(usia 40 hst.) Pada saat curah hujan masih tinggi seperti saat ini, usaha agar tanaman bisa berkembang pesat dilakukan dengan cara memberikan unsur Gas, baik dari bahan organik maupun bahan kimia. Namun hal ini perlu memperhatikan kondisi “jalan licin” dimusim hujan ini.

tomat3

(40 hst , tanggal 13 Mei 16). Tekanan injakan “gas” perlu diperhatikan dengan penuh perasaan, kurang “gas” ┬átanaman kurang pesat sedangkan apabila terlalu ngegas, resiko busuk batang daun dan pecah batang “menghadang.

Hati hati bung Julpan, semoga berhasil kawan!!!

Kami siap untuk mendampingi dan menjadi “navigator”, mitra.