27 Juli 2020

Membentuk Daya tahan tanaman /Imunitas

Imunitas tanaman, daya tahan tanaman terhadap serangan hama atau penyakit tidaklah terbentuk secara serta merta tetapi akan terbentuk melalui proses sejak awal penanaman.

Baiklah sebelum pembahasan ada baiknya kita melihat hasil penerapan mitra kami dari Bengkulu yang mana tanamannya saat ini berusia 6 bulanan sudah sering proses pemanenannya bahkan sudah berulang ulang.

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan beberapa postingan sebelumnya yang mana mitra kami dari Daerah Manna Bengkulu ini sudah jauh diatas biaya produksinya walaupun saat ini harga cabai cenderung murah. Namun yang membuat kami bangga adalah ketahanan imunitas tanaman mitra yang bertahan hingga usia 6 bulanan ini dengan biaya perawatan yang murah tentunya .

Bisa dibayangkan kalkulasian apabila biaya produksi nya mahal maka lahan tanaman cabai ini sudah lama ditinggalkan tentunya. Untungnya dengan metode KPO ini yang prioritas pada penguatan jaringan tanaman menyebababkan biaya produksi bisa ditekan jauh dibawah biaya produksi secara umumnya .

Tiada lain dengan penerapan metode KPO ini, daya tahan tanaman meningkat sehingga penyakit dan hama tidak mudah menyerang sehingga terjadi kekebalan tubuh dengan sendirinya selain berfungsi untuk pengendalian hama dan penyakitnya.

Untuk meningkatkan daya tahan ( seperti halnya pada manusia) itu antara lain, menghindari mengkonsumsi obat kimia dan makanan kimia, banyak mengkonsumsi makanan dan obat yang bersumber dari alam, mengatur pola makan berdasarkan kondisi cuaca dan juga tingkat kesehatan ‘tubuhnya’ selain itu disarankan mengkonsumsi mikroba yang baimbagi kesehatan ‘lambung’/tanah dalam hal ini .

Hal langkah langkah ini lah yang kami lakukan bersama mitra sehingga tanaman masih bertahan pada saat ‘krisis harga’ dan tanaman bertahan produktif dalam jangka waktu yang lebih lama. Pemberian PROTEKTAN – PESNATOR- POCANIL -FRESHTAN -MIKVATOR dll, selain berfungsi sebagai pengedali hama dan penyakit tanaman juga berfungsi meningkatkan daya tahan /imunitas tanaman.