9 Mei 2019

Memacu pertumbuhan buah Jeruk

.

Kami mencoba membuka arsip lalu perihal perkembangan tanaman mitra kami dari Malang Jatim, tanaman Jeruknya Mas Angga dan Orang tua mas Angga , H. Sunarko. Kondisi tanaman pada saat itu rontok berat dan buah tidak “Nempel” .

Tetapi sesudah beberapa musim ini dikelola dengan cara KPO KL, kondisinya menjadi sehat dan berbuah yang sangat lebat bahkan juga hama Lalat buahnya terkendalikan sudah.

Mendorong agar buah tanaman banyak dan lebat memang diperlukan ikhtiar yang totalitas, karena berpengaruh juga pada ketahanan tanamannya. Terlalu tinggi nge gas nya, akibatnya tanaman bisa rentan Hama dan penyakit  spt, busuk buah dan lalat buah.

Seperti halnya bertanam cabe, bertanam jeruk juga rawan hama dan penyakit, apalagi kalau jeruk memerlukan Nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman semusim seperti Cabe ,  Tomat, Bawang merah. Namun pemberian dengan takaran yang sesuai, berpotensi menghasilkan buah yang super Lebat bahkan sampai sampai, tangkai batang seperti akan patah saja.

Menyanggah buah yang lebat dilakukan di berbagai sisi tanamana bahkan sudah ada beberapa batang  yang batang penyanggahnya hingga patah.

Kalau sudah masuk ke pola KPO KL, sebenarnya tinggal memperbanyak pola komposisi Protektan , Freshtan dan Pormik dan Mikvator saja hasilnya buah berimbas lebat , adapun agar ukuran buah menjadi lebih besar hanya dengan mengatur penggunaan pupuk Kimia yang di tinggikan sedikit dari dosis sebelumnya.

 Sambil terus memacu bunga dan buah melalui semprotan Protektan dan Freshtan dari atas, berdampak pada lebat nya buah jeruk, bahkan setelah panen pun tidak lama jaraknya ke untuk panen lagi(3-4 Minggu sekali Panen)…Dengan cara ini pula petani jeruk lebih untung karena Lalat buah pun dapat di hindari tingkat serangannya, dengan memprioritaskan aplikasi Pesnator.

Semoga makin sukses bermitra dengan KPO KL…